Empat Pasang Calon Mendaftar Peserta Pilkada Kotim

    SAMPIT – Empat pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mendaftar sebagai peserta pemilu kepala daerah pada hari terakhir masa pendaftaran pasangan calon di Komisi Pemilihan Umum setempat.

    “Selanjutnya akan kita verifikasi semua persyaratan yang diserahkan, baik yang diusung partai politik maupun yang melalui jalur perseorangan. Nanti penetapan calon akan dilaksanakan pada 24 Agustus mendatang,” kata Ketua KPU Kotim, Sahlin di Sampit, Selasa (28/7/2015).

    Empat pasangan calon yang mendaftar secara berurutan yaitu pasangan petahana H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri, disusul pasangan Djunaidy Drakel-Hariyanto, Muhammad Rudini-H Supriadi dan pasangan Muhammad Arsyad-H Nadiansyah.

    Pasangan H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri yang akrab dengan sebutan “Sahati” ini datang menumpang becak bersama tokoh-tokoh partai pengusung mereka yaitu PDIP, Partai Demokrat, Gerindra, NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera. Juga tampak hadir H Sabran Achmad yang merupakan Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng, namun dalam kapasitasnya sebagai orangtua angkat Supian Hadi.

    Pasangan Djunaidy Drakel-Hariyanto diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Hati Nurani Rakyat. Kedatangan pasangan yang mengusung jargon “Juara” ini diiringi seni tradisional hadrah.

    Pasangan Muhammad Rudini-H Supriadi diusung dua partai politik yaitu Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional. Pasangan yang mengusung slogan “Zamrud” ini datang didampingi H Darwan Ali, orangtua Rudini yang sudah dikenal karena pernah menjadi Bupati Seruyan selama dua periode.

    Sementara itu, satu-satunya pasangan yang maju melalui jalur perseorangan, Muhammad Arsyad-H Nadiansyah, menjadi pendaftar terakhir. Pasangan dengan slogan “Madani” ini datang sekitar 30 menit sebelum pendaftaran ditutup pukul 16:00 WIB, disertai para pendukung mereka.

    Pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ini dikawal ketat sekitar 135 personel. Bahkan polisi sengaja membangun tenda besar di halaman kantor KPU untuk tempat anggota mereka berjaga siang dan malam.

    KPU dan masyarakat Kotim berharap pemilu kepala daerah 9 Desember nanti berjalan dengan lancar dan aman. Siapapun yang terpilih nantinya, kondisi daerah yang kondusif harus dipertahankan agar pembangunan bisa berjalan dengan baik. (ant/280715/beritasampit.com)