Pilot yang Diduga Bergabung ISIS Pensiunan AL

    JAKARTA – Salah satu pilot asal Indonesia yang diduga bergabung dengan “Islamic State Iraq and Syria” (ISIS) Tommy Hendratno merupakan pensiunan TNI AL tahun 2010.
    Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Kolonel Laut (P) M Zainudin kepada wartawan di Jakarta, Kamis mengatakan Tommy Hendratno merupakan lulusan Sekolah Penerbangan Diploma 3 Curug pada tahun 1999 dengan pangkat terakhir kapten pada tahun 2010.
    “Tommy terakhir bertugas di Ron (Skuadron) 200 Juanda, Surabaya. Setelah pensiun tahun 2010 (Tommy) bertugas di Premi Air,” kata Zainudin, Kamis (9/7/2015)
    Ia menyatakan Tommy bukan lagi di bawah tanggung jawab TNI AL karena yang bersangkutan sudah pensiun.
    “Intinya memang dia bekas personel TNI AL. Tapi karena sudah pensiun itu bukan tanggung jawab TNI AL lagi,” kata Kadispenal, menegaskan.
    Sebelumnya, The Intercept, media di Australia, menyebutkan dua pilot Indonesia bergabung dengan gerakan ISIS. Hal ini terungkap dalam dokumen Australian Federal Police (AFP).

    Kedua pilot tersebut bernama Ridwan Agustin dan Tommy Hendratno. Nama terakhir disebut pula pernah bergabung dengan TNI Angkatan Udara.

    The Intercept merupakan media yang menjadi corong bagi dokumen-dokumen rahasia yang dibobol oleh mantan kontraktor National Security Agency (NSA) Edward Snowden. Berdasarkan dokumen itu, The Intercept menyebutkan AFP melacak kedua orang itu melalui Facebook sejak September 2014. (ant/090715/beritasampit.com)