Wow… Desa Bangkuang Makmur Punya Layanan Internet Desa

    Sampit  – Pengurus Wilayah Relawan TIK Kalteng, sebagai organisasi non profit yang ada di Kalimantan Tengah, kali ini kembali mengumumkan komitmennya untuk menghadirkan manfaat terbaik dari kegiatan yang dikerjakannya melalui salah satu programnya, Internet Masuk Desa. Sebelumnya, program ini telah didirikan di dua (2) tempat yang berbeda dan mendapat sambutan yang positif dari lingkungan sekitar. 

    Untuk kali pertama, Internet Masuk Desa diadakan di Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dengan mendirikan Layanan Internet Pedesaan dan setelahnya diadakan di Desa Jaya Karet, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur lewat Layanan Internet Sekolah.

    Untuk kali ketiga, RTIK Kalteng kembali menghadirkan layanan internet kepelosok dalam program Internet Masuk Desa. Kali ini RTIK Kalteng dimotori oleh Wahyudi, Pemuda Desa Pelangsian, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, yang telah lebih dulu sukses membangun sebuah Layanan Internet Desa di desanya. 

    “Kami berharap inisiatif positif ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Desa Bangkuang dan potensi serta hasil produk terbaik desa dapat semakin dikenal masyarakat luas. Dengan ini, semoga masyakarat pun akan mendapatkan user experience yang maksimal tentang pengalaman mereka menggunakan internet sebagai bagian dari aktivitas sehari-harinya,” ujar Agung Suryo Putra, Ketua Relawan TIK Kalteng.

    Semangat RTIK Kalteng untuk menjadikan desa-desa di Kabupaten Kotawaringin Timur sebagai pilot project Smart Village (Desa Pintar) akan terus disuarakan. Yang kedepannya dapat dijadikan acuan ke Provinsi dan Kementrian agar dapat dikembangkan ke semua desa se Kalimantan Tengah.

    “Sebagian besar warga kampung ini belum melek internet, oleh karenanya saya dan warga Desa Bangkuang Makmur menyambut baik kerjasama dengan RTIK Kalteng ini. Zona internet ini terbuka untuk masyarakat umum dan siapa saja yang membutuhkan akses internet dan ingin belajar tentang manfaat internet,” menurut Wahyudi.

    Selain Layanan Internet Desa, RTIK Kalteng juga akan memberikan pelatihan kepada warga desa tentang pemanfaatan internet untuk menunjang pendidikan dan kreativitas, keluarga, serta pengenalan bisnis online untuk UKM.

    Akses internet yang disediakan oleh RTIK Kalteng adalah akses internet dengan memanfaatkan teknologi GSM yang dirancang khusus. Dengan adanya program Internet Masuk Desa ini, RTIK Kalteng berharap masyarakat tidak hanya dapat melek internet, namun juga dapat tumbuh kembang dalam memaksimalisasi potensinya dalam menjalankan usaha yang berguna untuk kehidupan mereka.

    “Kami berharap dapat terus memberikan manfaat dan kebaikan tidak hanya untuk pendidikan, namun juga kewirausahaan dengan memfasilitasi masyarakat sekitar dengan akses internet yang memadai guna memaksimalisasi potensi dan kreativitasnya untuk memicu usaha demi masa depan dan kehidupan yang lebih baik,” tambah Wahyudi.

    (ag/beritasampit.co.id)