Sampah Oh Sampah Kapan Engkau di Angkut… 

    KASONGAN – Sampah dan sampah mungkin kata itu yang sering muncul di benak, ketika melintas ruas jalan Hampalit-Baon Bangu Km. 2 sudah berulang kali keluhan itu dilontarkan baik dari masyarakat, petugas kebersihan dan ketua DPRD beberapa waktu yang lalu di TPA jalan Ais Nasution Kasongan.

    Permasalahan sampah seakan tidak ada hentinya seperti diruas jalan Km.2 Hampalit-Baon Bango beberapa kali sudah tim pembersih mengangkut terus saja sampah dibuang di daerah tersebut.

    Siapa yang salah? atau siapa yang mau menyalahkan? persoalan mendasar hingga sekarang belum terjawab adakah tempat sampah yang disediakan sesuai dengan keinginan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

    Seperti diungkapkan oleh Ahmad Ghazali penjaga sekolah di MAN Katingan Hilir.

    “Kemaren tim kebersihan mengangkat sampah, sebentar saja lagi sampah itu menumpuk kembali hal ini dikarnakan perhatian serius menangani hal tersebut tidak ada,” ucapnya dengan beritasampit. (16/03).

    Sejauh pantauan beritasampit masyarakat masih banyak membuang sampah di pinggir jalan tersebut.

    Salah satunya Aisyah (25) tahun yang kebetulan saat membuang sampah sempat ditanyakan beritasampit.

    “Kita bingung buang sampah dimana lagi kalo pun ada jauh semua, sebenarnya risih juga tapi gimana lagi enggak ada pilihan,” tuturnya.

    Entah sampai kapan persoalan sampah akan ditanggapi serius oleh pihak terkait, persoalan sampah tidak hanya ada di kota Kasongan namun desa lain juga sama yang perlu penangannya.

    (Kwt/beritasampit.co.id)