​Arus Mudik 2017 Diprediksi Capai 30 Ribu Lebih

    PANGKALAN BUN – Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, memprediksikan jumlah penumpang mudik lebaran melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai pada tahun 2017 ini mencapai 30 ribu lebih.

    Kasub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Azwar Anas mengatakan, angka 30 ribu tersebut didapat dari jumlah arus mudik yang keluar dari Pelabuhan Kumai pada tahun 2016 ditambah kenaikan 10 persen.

    “Untuk arus mudik tahun ini diprediksi mencapai 30 ribu penumpang, sedangkan armada yang telah disiapkan sebanyak 11 armada, yakni armada dari. Pelni sebanyak 3,’Darma Lautan Utama 7 dan ASDP 1,” kata Azwar, Selasa (11/4/2017).

    Menurutnya, meski jumlah armada sudah siap untuk mengangkut penumpang pada arus mudik Lebaran nanti namun pihaknya belum mengetahui berapa jumlah kunjungan kapalnya (Call).

    “Kita selalu tegaskan kesetiap operator kapal agar tidak menjual tiket melebihi kapasitas muatan, kalaupun nanti ada kebijakan penambahan penumpang, masih menunggu rekom dari pusat itupun disesuaikan dengan besarnya kapal,” ujarnya.

    Azwarpun menanbahkan kalau pihaknya sudah mengeluarkan himbauan kepada operator kapal baik Pelni dan DLU agar mengeluarkan tiket sesuai dengan KTP calon penumpang, Ditambahkan bahwa anivest sangat penting, agar bisa terpantau jumlah penumpang yang akan diangkut.

    “Kenyamanan dan keselamatan penumpang harus diprioritaskan.Saya akan terus melakukan evaluasi dari tahun ke tahun agar aktifitas arus mudik lebaran tidak menemukan hambatan sehingga semua penumpang bisa berlebaran dikampung halamannya,” beber Azwar.

    (man/beritasampit.co.id)