Batu Hambawang Kedatangan Tamu Tim Penilai Lomba Desa

    NANGA BULIK – Beberapa langkah telah dilakukan oleh perangkat desa ini agar bisa ikut lomba desa tingkat kabupaten. Sebelumnya juga sudah dilakukan seleksi di tingkat kecamatan. Desa Batu Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, Senin (17/4/2017), kedatangan tamu oleh tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Lamandau.

    Memang, sebelumnya desa Batu Hambawang telah meraih juara pertama lomba desa di tingkat kecamatan dan sekarang kembali diseleksi kembali untuk di tingkat kabupaten.

    Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lamandau, Drs. Muriadi melalui sekretaris BPMD, Susana Sriharti mengatakan, sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui BPMD gencar evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

    Itu meerupakan suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintah, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektifitas dan status perkembangan desa serta tahapan kemajuan desa dan kelurahan.

    Dilanjutkannya, indikator penilaian perlombaan desa dan kelurahan tersebut mengacu ketentuan permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. Untuk yang mendapatkan juara 1 nantinya akan mendapatkan piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta.

    “Kami berharap, hal ini dapat memotivasi pemerintah desa agar lebih giat dalam melaksanakan pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan. Dan yang paling penting adalah meningkatkan gairah kerja aparatur desa dan masyarakat dalam membangun desa sehingga timbul rasa kebersamaan dan gotong royong serta kerukunan warga,” ucapnya.

    Terpisah, Plt. Camat Sematu Jaya, Turmudi saat ditemui mengatakan bahwa pihak kecamatan sudah melakukan bimbingan kepada desa jauh hari sebelum dilakukannya penilaian ini.

    “Kami sudah siap dengan penilaian ini, walaupun ini merupakan yang pertama kali bagi desa Batu Hambawang, saya harap nantinya bisa membawa nama baik Kecamatan Sematu Jaya maupun Kabupaten Lamandau,” harapnya.

    Lanjut Uyap, Kepala Desa Batu Hambawang mengatakan bahwa pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin. “Apapun hasilnya, kami akan terima,” jelasnya.

    (cipt/beritasampit.co.id)