​Jelang Puasa Harga Emas Mulai Naik, Pemburu Perhiasan Berdatangan

    SAMPIT — Emas merupakan salah satu bahan pokok untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, khususnya dibidang investasi bagi pemerintah daerah. Harganya yang berfariasi tergantung dari kualitas kadar emas itu sendiri yang selalu menjadi acuan penjualan oleh pengusaha emas.

    Namun kadang kala, harga emas bisa secara spontan melonjak naik, terutama pada saat menjelang bulan puasa. Walaupun harga yang di naikan belum terlalu signifikan, dan tetap mengikuti harga Nasional bahkan Internasional.

    Akan tetapi tidak mengurangi niat para para pemburu emas, seperti yang terjadi di kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Untuk menelusuri harga pasaran emas khususnya di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), wartawan beritasampit.co.id membincangi salah satu pemilik toko milik H. Darsani yang biasa di panggil dengan H Sani.

    Dia mengatakan, kenaikan harga emas untuk setiap harinya pasti ada perubahan setelah dan tidak ada istilahnya naik sekali seminggu ataupun sebulan sekali. Hal itu di sebabkan oleh harga pasar emas internasional.

    “Kalau untuk kenaikan harga emas bukan hanya terpaku pada datangnya bulan puasa saja, namun mengikuti harga emas internasional. Kadang setiap hari Senin sampai dengan hari Jum’at tergantung gold nya harga emas dunia, kalau untuk mendekati puasa atau lebaran pasti melonjak persennya kalau untuk sekarang hanya naik 5% saja,” kata H. Sani, Kamis (25/5/2017).

    H. Sani juga menambahkan kalau untuk saat ini emas yang mengalami kenaikan harga untuk sementara hanya ada dua, yaitu emas batangan atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama lantakan, emas 999 dikenal masyarakat dengan nama emas Amerika.

    Sedangkan untuk emas 750 (Emas Putih), dan emas 700 (Emas Singapur), serta emas 420 atau 375 tidak mengalami kenaikan harga.

    “Naiknya harga emas lantakan, serta emas Amerika ini bisa berubah-ubah setiap harinya. Untuk harga pergramnya emas lantakan di bandrol dengan harga Rp535.000, kini emas lantakan naik Rp5000 jadi untuk harganya sekarang emas lantakan Rp540.000. Sedangkan untuk emas Amerika yang harga semula Rp540.000 kini naik menjadi Rp545.000 pergram,” ucap Pemilik Toko Mas Mitra Baru itu.

    (im/beritasampit.co.id)