​Banjir Katingan, Ancam “Lumpuhkan” Jalan Trans Kalimantan

    KASONGAN – Pasca Hujan Deras beberapa hari ini di wilayah Katingan membuat debit air semakin meningkat belum habis musibah Banjir yang dialami wilayah Hulu meliputi Kecamatan Marikit dan Tumbang Samba, Kini giliran wilayah Hilir mengalami peninggian air.

    Selain sebagian rumah warga mengalami kebanjiran kini Arus lalu lintas kendaraan dari arah Sampit menuju Palangka Raya dan sebaliknya seperti biasa lancar. Namun berbeda dengan saat ini, jalan nasional trans Kalimantan ini terancam tidak bisa dilewati akibat luapan banjir dari Sungai Katingan.

    Ketinggian air yang kurang lebih hingga lutut orang dewasa tersebut memaksa pihak kepolisian melakukan pengaturan lalu lintas demi keselamatan para penggunan jalan dengan cara buka tutup yang mengakibatkan kemacetan beberapa saat.

    Salah seorang warga Hampalit Rida (54) tahun yang berada ditempat menuturkan. “Rencanya pagi ini saya mau ke Kasongan ada urusan pekerjaan, eh malah begini jadinya (Banjir), arusnya deras perlu ekstra hati-hati ditambah lagi jalanya sempit,” ungkapnya dengan Beritasampit.co.id. Rabu (19/7/2017).

    Selain itu Imah salah seorang pelajar yang melintas jalan tersebut berharap kepada pihak terkait untuk lebih bisa memperhatikan jalan trans kalimantan tersebut.

    “Ya, saya setiap harinya terus melewati jalan ini baik pulang maupun sekolah, saya berharap kepada pihak terkait bisa memperhatikan kenyamanan para pengguna jalan terlebih bila malam hari untuk bisa diberi penerangan jalan. karna hampir setiap tahun pasti ruas jalan ini langganan banjir,” harapanya.

    (kwt/eritasampit.co.id)