​Camat Merupakan Ujung Tombak Seluruh Urusan di Lingkup Kecamatan

    NANGA BULIK – Belum lama tadi (21/6), pemerintah daerah kabupaten Lamandau baru saja melakukan serah terima jabatan (sertijab) Camat Sematu Jaya.

    Sebelumnya, kecamatan diisi oleh Plt. Turmudi, S.Hut kini digantikan oleh Camat Definitif, yaitu Riko Purwanto, S.STP yang berlangsung di aula kantor Camat Sematu Jaya dengan hikmat.

    Dalam acara sertijab tersebut turut hadir asisten adminiatrasi daerah dan kesra setda daerah kabupaten lamandau, kepala desa se kecamatan Sematu Jaya, dan penggerak PKK se kecamatan Sematu Jaya.

    Perlu diketahui, dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, peran camat sangat sentral sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah, walaupun telah terjadi perubahan fungsi dan kedudukan camat yang tidak lagi hirarkis terhadap wilayahnya dan cenderung menjadi administrator pada organisasi.

    Namun pada kenyataannya peran dan fungsi camat tetaplah menjadi ujung tombak dalam seluruh urusan yang ada dilingkup kecamatan, terlebih dengan adanya kewenangan yang dilimpahkan bupati terhadap camat.

    “Maka diharapkan kepada camat yang baru agar segera beradaptasi dengan lingkungan tugas di kecamatan Sematu Jaya, ” harap asisten adminiatrasi daerah dan kesra setda daerah kabupaten lamandau, Saptono saat membacakan sambutan Bupati Lamandau, Ir. Marukan.

    Lebih dikatakannya, oleh sebab itu, seorang camat dituntut tidak hanya mampu mengelola organisasi kecamatan, tetapi juga mampu merangkul seluruh stakeholder di lingkup kecamatan untuk mendukung program dan kegiatan pemerintah.

    “Diainilah seni dalam pemerintahan berperan, untuk menyikapi persoalan di luar konteks adminiatrasi,” ungkapnya.

    (cip/beritasampit.co.id)