​Sobat ! Ini Lho Tips dan Cara Merawat Motor Matic Kamu Biar Lebih Awet dan Tetap Garang

    SIAPA yang tidak mengatahui Motor Matic. Trend Motor matic yang hadir diperkirakan ada setelah tahun 1998 an sampai saat ini mampu mencuri perhatian pembeli khususnya pembeli wanita yang mampu menyaingi pembelian Motor bebek ataupun motor Sport lainnya.

    Kendaraan roda dua yang satu ini setiap tahunnya mengalami peningkatan angka penjualannya. Mulai dari produk Honda, Yamaha dan Suzuki yang memproduksi berbagai macam sepeda motor matic.

    Pengguna motor matic tentu harus membutuhkan perawatan Khusus. Merawat motor matic bisa dibilang lebih sulit dari pada motor bebek karena motor matik mempunyai kekurangan tersendiri dan perawatan yang berbeda.

    Pemakaian motor matic harus mengetahui tolak ukur tingkat kesulitan untuk merawatnya, tidak bisa memuat beban yang berat adalah kekurangan motor matic, dan harus diperhatikan kondisi mesinnya juga.

    Terjadinya bermacam masalah motor matic membuat beritasampit.co.id, ingin membantu pengendara untuk mempermudah merawatnya. Kesulitan untuk merawat motor matic menjadi kendala, ketika mengendarainya membuat Anda tidak nyaman.

    Sepeda motor matic sangat nyaman ketika digunakan pada jalanan macet, jalanan menanjak dan kondisi saat hujan karena posisi semua rem ditangan sehingga mempermudan anda saat melakukan perjalan bersama pasangan ataupun keluarga. Berikut ini adalah cara dan tips merawat motor matic yang kami dapatkan dari berbagai macam sumber di internet dan mekanik otomotif, yaitu :

    1. Tips pertama memanasi mesin terlebih dahulu jika ingin memakai motor yang biasanya dilakukan pada pagi, hal tersebut minimal 5-10 menit dan sambil mengecek kondisi motor, setelah selasai motor anda siap untuk dipakai.

    2. Tips selanjutnya mengecek kondisi tangki mesin, mengecek speedometer motor Anda jika jarum mulai mendekati warna merah atau huruf E usahkan langsumh mengisi bensi. Jangan membiarkan kondisi tangki bensin kosong karena dapat merusak mesin dan membuat motor anda tidak bisa jalan pastinya, hehe

    3. Tips berikutnya mengondisikan kecepatan gas saat mulai menjalankan motor. Saat kecepatan motor melaju kencang jangan secara tiba-tiba menurunkan gas karena dapat merusak mesin.

    4. Cara merawat motor matik keempat adalah rutin mengganti oli dan usahakan merk oli jangan berganti-ganti agar mesin awet, jika anda ingin menganti oli pastikan jarak tempuh sudah 1000 Km setelah anda menganti oli waktu sebelumnya

    5 Tips merawat motor matic berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi, jika salah satu benda ini ada yang rusak maka mengakibatkan motor Anda mogok dan tentu akan akan membuat malu ketika bergoncengan dengan pasangan, hehehe

    6. Periksa Roler karena ini yang akan membuat salah satu yang akan membuat kenyamanan anda berkendara, jika sudah dalam keadaan tidak layak pakai, maka usahakan menggantinya dengan yang baru secara orisinil. Periksa ruang transmisi dan mengganti Oli Shockbreaker, ketika di dalam ruang transmisi usahkan anda mengecek dan perhatikan, biasanya di dalam ruang transmisi sering masuk kotoran dan debu, usahakan anda bersihkan setelah motor mencapai 4000 Km. Berikutnya mengganti oli shockbreaker setiap motor mactic Anda mencapai 10000 KM, dengan cara ini membuat motor matic nyaman saat dipakai dan mesinnya awet.

    Tips tambahan dari kami adalah melakukan pergantian ban dan rem saat mulai terlihat tipis karena ban dan rem yang tipis dapat membahayakan anda saat melewati tikungan dan pada kondisi hujan.

    Melakukan perawatan pada sepeda motor metic memang agak gampang-gampang sudah, maka lakukan secara rutin demi kenyamanan berkendara.semoga tips diatas membantu anda pengguna motor matic.

    (bnr/net/beritasampit.co.id)