​Apa Benar Terduga OTT Ternyata Adik Kandung Anggota DPRD Pulpis ?

    M. Pradila Kandi***

    Beberapa waktu lalu di Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terjadi penggeledahan oleh Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar).

    Ini berkaitan dengan adanya dugaan Pungli yang dilakukan oleh Kepala Bidang Pendaftaran dan Mutasi Kependudukan Muhammad Effendy.

    Secara otomatis, Effendy langsung digiring ke Polres Pulpis, bersamaan dengan barang bukti untuk pemeriksaan yang lebih lanjut. Usut demi usut, dari kabar yang beredar dimasyarakat ternyata Effendy adalah seorang adik kandung dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Pulang Pisau.

    Wah tentunya kasus ini akan semakin seru. Apakah nanti hukum akan berpihak kepada UU 1945 atau sebaliknya akan berpihak kepada selembar kertas yang tertulis beberapa digit angka?

    Kita hanya bisa menunggu hasil dari OTT tersebut, apakah ia bersalah atau tidak bersalah dan apakah ia terjerat atau tidak terjerat, kita lihat saja nanti bagaimana proses hukumnya.

    Semiga pihak kepolisian bisa tegas dan menunjukan profesionalitasnya dalam menjalankan amanah UU 1945 dan tidak pandang bulu apakah dia kerabat atau adik dari seorang yang bepengaruh disetiap daerah.

    (Penulis merupakan wartawan beritasampit.co.id)