​Bangun Kebun Raya Sampit Terbesar di Indonesia, Komisi II DPRD Dukung Pemkab Kotim

    SAMPIT-Rencana Pemerintah Daerah KabupatencKotawaringin Timur (Kotim) membangun kebun sawit raya sampit terbesar se Indonesia ini mendapat respon positif dari pihak legislatif.

    Hal ini terutama disampaikan oleh Komisi II DPRD Kotim yang terus mendorong dan mendukung langkah dari Pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk terus memproses rencana pembangunan kebun Raya Sampit yang digadang-gadang akan menjadi kebun raya terbesar di Indonesia itu.

    Dibincangi wartawan Senin (14/8/2017).Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotim, Jainudin Karim mengatakan rencana kebun yang terletak di jalan Jend Sudirman dari KM 29 sampai KM 32 terbagi di 3 Kecamatan antara lain Kecamatan MB Ketapang,Kecamatan Baamang, dan Kecamatan Kota Besi, yang mana masuk dalam kawasan hutan dengan tujuan khusus ini bisa secepatnya Clean And Clear.

    “Kami berharap dalam perencanaan pembangunan kebun raya sampit yang masuk dalam katagori kawasan hutan dengan tujuan khusus ( KHDTK) ini, harus sudah Clean and Clear dari segala aspek, agar dalam pelaksanaannya mulai dari DED, Amdal, perencanaan,sampai pelaksanaan dan finishing pembangunannya, tidak terkendala,” ungkap Janinudin.

    Dia juga mengharapkan kepada pihak eksekutif khususnya dalam hal pembangunan kebun terbesar  dengan lahan keluasan 607,63 HA yang mana 501 HA nya masuk kawasan HP serta sisanya 105, 37 HA adalah APL itu mendapat perhatian secara khusus.

    “Supaya dalam penggangaran nantinya di APBD perubahan,dinas DLH  benar-benar merencanakan dengan matang agar bisa berjalan apa yang diinginkan. Juga diharapkan dari konsep yang sudah ada dan pernah di paparkan, perencanaan serta detail dari konsep kebun raya sampit tersebut juga harus ada kearipan lokalnya sehingga tidak membuang khas wilayah kotim baik dari aspek hutannya, budaya, sosial dan destinasi pariwisatanya serta konservasi tumbuhan dan satwanya,” pungkas Jainudin tadi pagi.

    (drm/beritasampit.co.id)