​Dirangkai Bersamaan HUT RI, Pawai Pembangunan HUT Kutaringin 414 Meriah

    PANGKALAN BUN – Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Senin (21/8/2017) menggelar pawai Pembangunan. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Ahmadi Riansyah dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 dan HUT Kutaringin ke 414.

    Camat Kotawaringin Lama Yudie Hudaya mengatakan pawai Pembangunan yang digelar di Bumi Kyai Gede itu selain rangkaian HUT RI Ke 72 juga memperingati hari jadi Kutaringin ke 414 tahun. “Peringatan hari jadi Kutaringin ini baru dilaksanakan tahun ketiga,” ungkapnya. Ditambahkan, pawai Pembangunan diikuti semua sekolah serta 15 desa dan 2 Kelurahan yang menampilkan berbagai ragam atraksi kesenian serta menampilkan berbagai hasil potensi dari setiap desa.

    “Kegiatan pawai Pembangunan ini sebagai penunjang destinasi wisata yang ada di Kecamatan Kotawaringin Lama, dimana setiap desa menampilkan berbagai ragam kesenian tradisional,” katanya. Sementara Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riyansyah mengatakan Pemkab Kobar sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Kecamatan kolam karena tidak semua kecamatan memperingati hari jadi Kecamatan.

    “Pawai Pembangunan sebagai moment dan event penting bagi Kecamatan yang memiliki potensi wisata, seperti di Kecamatan Kolam ini memiliki potensi wisata yang harus di promosikan ada danau gatal, wisata religi dengan adanya peninggalan Kyai Gede dan sejarah budaya dengan adanya istana Al Nursari peninggalan kerajaan Kutaringin,” kata wabup yang mengatakan juga sudah tiga tahun ini selalu menghadiri peringatan HUT Kutaringin di Kecamatan Kolam. 

    Potensi yang ada di Kecamatan Kolam menurut wabup sebagai sektor unggulan destinasi wisata yang akan dikembangkan nantinya. “Banyak sektor wisata di Kecamatan Kolam yang akan dikembangkan guna menunjang perekonomian. Jadi masyarakat harus siap menyambut dan menggalakan wisata di Kobar,” pungkasnya. Sementara sebelum acara pawai pembangunan dimulai, terlebih dahulu menampilkan pencak silat dari perguruan danau bosan.
    (man/beritasampit.co.id)