DLH Serius Atasi Sampah, Pengusaha Ayam Dipanggil

    SAMPIT – Terlepas dari target merebut kembali piala Adipura yang selama dua periode lepas dari tangan Kotim ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sedang giat-giatnya menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di Kota sampit saat ini.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sanggul Lumban Gaol dibincangi wartawan Kamis (24/8/2017) tadi pagi mengatakan, pihaknya hari ini melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada pengusaha ayam di kota sampit.

    “Mereka kita panggil membahas masalah limbah cair dan bulu ayam.Solusi jangka pendek limbah cairnya harus dibuatkan ipal nya supaya jangan langsung masuk sungai atau parit,” kata Sanggul.

    Selain itu dia juga mengungkapkan untuk limbah bulu ayamnya harus di kubur agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.”Kita arahkan bulunya langsung dikarungi dan buang ke TPA kita buatkan lobang khusus agar limbah itu tidak jadi pengakit,” urainya.

    Selain itu dia juga mengharapkan untuk jangka menengah pemerintah daerah bisa membangun sarana dalam hal ini untuk menimgkatkan PAD Kotawaringin Timur khususnya. “Untuk jangka menengahnya, harus terpusat di RPU. Dan kita harapkan Pihak Pemerintah Daerah (Pemda) bisa bangun untuk PAD,” tutupnya.

    (drm/beritasampit.co.id)