​MANTAP…PT. ASMR di Kumai Serahkan Lahan 809 Hektare Ke Balai TNTP

    PANGKALAN BUN – Dalam rangka mendukung Program Pelestarian Lingkungan dan Menjaga Kawasan Konservasi Habitat Orangutan. PT. Andalan Sukses Makmur (ASMR), di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, menyerahkan lahan seluas 809 hektar ke Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

    Menurut Johan Sukardi Corporate Affair PT.BGA Area Kalimantan, mengatakan lahan seluas 809 hektar, yang diserahkan ke Balai TNTP masuk dalam Izin Usaha Perkebunan (IUP), yang berbatasan dengan TNTP. “Penyerahan lahan seluas 809 hektar,sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap program pelestarian lingkungan dan untuk menjaga kawasan habitat orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting,” ungkap Johan Sukardi.

    Lanjut Johan Sukardi, dari luas lahan yang masuk dalam IUP, total 7000 hektar, yang baru ditanam sawit oleh PT. ASMR sekitar 3.627 hektar,terdiri dari tanaman kelapa swit pola kemitraan dengan masyarakat desa 65 % dan 35 % lainnya tanama plasma.

    Dijelaskan Johan Sukardi,lahan PT.ASMR tersebar di sejumlah desa,yakni Desa Teluk Pulai, Bedaun, Kumai Hulu dan Desa Kumai Sebrang,serta Desa Sekonyer. “Dari 7000 hektar, yang baru ditanam 3.627 hektar sisanya dari luas 3.373 hektar yang belum ditanami sawit, 809 hektarnya, dikembalikan ke Balai TNTP.

    Proses pengembalian lahan status Areal Pengguna Lain (APL), menjadi kawasan hutan, kata Johan Sukardi, sebagai wujud kepedulian manajemen BGA Group, untuk mensukseskan program konservasi habitat orangutan dan satwa lainnya, di TNTP.

    Terpisah Prof.Dr.Birute Mary Galdikas Presiden Orangutan Foundation (OFI) dan Yayasan Orangutan International Kalimantan (YOIK), saat dikofirmasi beritasampit.co.id Kamis (24/8/2017) mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi, terhadap komitmen perusahaan BGA Group, yang telah menyerahkan lahannya seluas 809 hektar ke Balai TNTP Kotawaringin Barat. “Itu adalah tindakan yang bagus, dari perusahaan BGA, saya sangat setuju sekali,” ungkap Birute.

    (man/beritasampit.co.id)