​Wabup Seruyan Menyerahkan Alat Bantu Penyandang Disabilitas Sosial

    KUALA PEMBUANG – Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga penyandang disabilitas sosial di Lapangan Tenis Indoor, area Rumah Jabatan (Rujab), Kamis (24/8/17).

    Kegiatan penyerahan alat bantu dari Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) Dinas Sosial Provinsi Kalteng tersebut dihadiri Wabup Yulhaidir, Sekda Haryono, Bihokda Handen Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinsos Prov Kalteng, BPJS Kesehatan Seruyan dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Seruyan serta 130 an penyandang disabilitas sosial di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

    Adapun sejumlah alat bantu yang dibagikan tersebut yakni, alat bantu dengar, kursi roda, alat bantu jalan, Crutch atau alat penyangga badan. Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Prov Bihokda Handen mengatakan, program UPSK diharapkan dapat menyadarkan masyarakat betapa pentingnya arti kehidupan sehingga kita tidak melakukan diskriminasi kepada penyandang disabilitas.

    “Kita harus terus memberi motivasi dan semangat agar mereka tidak putus asa akan kekurangannya,” katanya. UPSK merupakan sarana pelayanan bergerak yang bersifat multidispliner dan lintas sektor antara lain bidang sosial, pendidikan dan kesehatan. UPSK diarahkan menjangkau lokasi penyandang disabilitas sampai ke tingkat nagari agar memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sedini mungkin.

    Unit Pelayanan Sosial Keliling ini diharapkan mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan pelayanan bagi Penyandang Disabilitas secara lebih adil dan merata. Selain itu juga mendorong dan memotivasi semua unsur masyarakat, disiplin ilmu, dan instansi-instansi terkait agar berperan aktif dalam penanganan Disabilitas.

    Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pengentasan permasalahan yang dihadapi Penyandang Disabilitas yang dilakukan sedini mungkin. Sementara Wabup Seruyan Yulhaidir menjelaskan, UPSK merupakan salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi memberikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya.

    “Saya berharap UPSK dapat memberikan pelayanan rehabilitasi sosial dan pelatihan keterampilan kepada penyandang disabilitas sehinggga mereka mampu melaksanakan fungsi sosialnya dalam tatanan kehidupan dan penghidupan masyarakat, khususnya di Kabupaten Seruyan,” harapnya.

    (rdi/beritasampit.co.id)