​Laporan Seputar FKN XI di Cirebon, Dua Pangeran Kerajaan Kutaringin Menghadiri “Welcome Dinner Party” 

    CIREBON – Dua Pangeran Keraton Kutaringin Pangeran Arsyadin Syah dan Pangeran Muasdjidinsyah, Jumat (15/9/2017) malam menghadiri perjamuan makan yang digelar Panitia Festival Keraton Nusantara (XI). Demikian dilaporkan Yuliantini, sebagai ‘guide’ dari Kontineg FKN XI Kabupaten Kobar,kepada beritasampit.co.id, Jumat malam.

    Perjamuan makan, selain dihadiri dua Pangeran Kerajaan Kutaringin Pangkalan Bun,juga dihadiri oleh para Raja-Raja Nusantara peserta FKN XI, yang malam tadi dikemas dengan nama kegiatan ‘Welcome Dinner Party’ dimana kegiatan tersebut digelar disalah satu objek wisata yang ada di Kota Udang Cirebon yakni Gua Sunyaragi. Kegiatan Welcome Dinner Party Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang digelar di Taman Wisata Gua Sunyaragi berlangsung meriah.

    Seluruh tamu undangan dari kerajaan dan kesulatan se-Nusantara hadir dalam acara itu. Bahkan, kerajaan dan kesultanan dari negara tetangga juga ikut serta dalam gelaran tersebut. Sebelum memasuki acara utama terlebih dahulu para tamu disuguhkan dokumenter yang menceritakan sejarah tentang Keraton Keraton yang ada di Cirebon seperti Keraton Kesepuhan, Kecirebon dan keraton Kanoman. Bahkan disajikan juga cerita tentang Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang terkena dengan Adzan Pitunya.

    Panitia FKN XI dalan kegiatan Welcome Dinner Party menyajikan kuliner khas Kota Udang seperti Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Empal Gentong, Tahu Genjrot. Menurut Pangeran Arsyadin Syah mengatakan dirinya sangat puas apa yang Panitia sajikan dan kemas dalam kegiatan Welcome Dinner Party. “Tempatnya sangat indah karena ditempat terbuka, dan unik karena panggung utama berada dipuncak bukit gua sunyaragi,”ungkap Pangeran Arsyadin Syah.

    Seraya menambahkan, kegiatan FKN XI sangat positif selain sebagai ajang silaturahmi juga sebagai promosi budaya nusantara. “Kegiatan FKN ini sebagai kegiatan yang bisa juga dijadikan sebagai wadah untuk melestarikan Kebudyaan yang ada di Indonesia, dengan harapan agar para generasi penerus pun akan tumbuh cinta terhadap budaya yang Kita miliki,” imbuh Pangeran Arsyadin Syah, Putra dari Sultan Ke XI Pengeraan Ratu Sukma Alamsyah.

    Dijelaskan Pangeran Arsyadin Syah, saat ini ditengah canggihnya teknologi dan maraknya budaya asing masuk ke Indonesia, menjadi tantangan besar untuk mempertahankan kebudayaan Nusantara Indonesia.

    (man/beritasampit.co.id)