Wajan Bolic, Antena Penguat Sinyal Internet

    Oleh : Agung Suryo Putra***

    Manfaat wajan tidak hanya digunakan untuk menggoreng, tetapi bisa juga dipakai untuk memperkuat sinyal internet, yang saat ini semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

    Wajan Bolic adalah antena parabolic yang terbuat dari wajan. Kata bolic sendiri diambil dari kata parabolic. Sehingga jadilah wajanbolic, atau antena parabolic (parabola) yang terbuat dari wajan.

    Manfaat dari wajan bolic sendiri dapat memperkuat sinyal internet. Prinsip kerjanya sama seperti antena parabola lainnya. Yaitu, menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan). Sehingga, semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif alat tersebut.

    Kelebihan dari wajan bolic ini adalah pembuatannya yang sangat sederhana dan tidak memerlukan penyolderan kabel dan konektor. Tidak perlu membongkar casing PC dalam instalasinya, dan tidak perlu power supply eksternal, karena power supply Internet diambil dari port USB PC desktop atau notebook.

    Untuk pembuatan wajan bolic ini, bahan yang diperlukan adalah :

    1. 1 buah Wajan penggorengan diameter 36* cm
    2. 1 batang Pipa paralon diameter 1” panjang +/- 50* cm
    3. 2 buah Tutup pipa paralon paralon diameter 1”
    4. 1 buah Klem Antenna
    5. 1 buah Besi siku untuk rangka Klem Antenna
    6. 2 buah Baut + Sekrup diameter 1 cm
    7. 1 buah Kaleng Susu bekas + Tutup Plastik
    8. 1 buah USB Wireless atau Modem GSM + USB Cable
    9. 1 buah UTP Cable CAT 5E panjang maximum 20 M

    Kemudian bahan – bahan dirakit seperti gambar, dengan perhitungan berdasarkan perhitungan fokus

    f = D^2 / (16*d)

    Di samping kelebihan, ada kekurangan wajan bolic yaitu, karena berupa solid disk, maka pengaruh angin cukup besar. Sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat. Untuk keperluan outdoor diperlukan USB active extension cable beberapa segmen. Sehingga untuk panjang kabel tertentu harganya menjadi lebih mahal.