DPMPTSP Kotim Pantau Kinerja Pegawai Lewat IP CCTV

    SAMPIT – Untuk memantau keamanan dan kinerja pegawai di Dinas Penanaman Modal Dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Timur, telah memasang IP CCTV di sejumlah ruang pelayanan publik tersebut. Dengan pemasangan IP CCTV, Kepala Dinas hingga Bupati, bisa melihat kinerja pegawai dan segala bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kapanpun dan dimanapun secara online.

    Manager IT PT Sampit Digital Media Agung Suryo Putra mengatakan, sebelum adanya Surat Edaran Gubernur agar di setiap tempat pelayanan masyarakat dipasangi CCTV, sudah menerapkannya dibeberapa kantor. Menurutnya pula pemasangan IP CCTV tidak membutuhkan anggaran yang tinggi, hampir sama dengan pemasangan CCTV biasa. Terlebih di setiap kantor pemerintahan telah ada jaringan internet, sehingga SOPD hanya tinggal merapihkan jaringan dan mengonlinekan saja.

    “Dengan begitu Kepala Dinas hingga Bupati bisa melihat dan memantau pelayanan dan kinerja pegawainya dalam melayani masyarakat, hanya cukup menggunakan Smart Phone dimana saja. Semoga saja hasilnya berefek positif,” katanya saat ditemui Berita Sampit.

    Kedepannya, IP CCTV yang dipasang berharap akan ditingkatkan dengan Smart IP CCTV. Sehingga segala aktivitas yang ada di tempat pelayanan masyarakat tersebut tidak hanya terpantau, tapi dapat saling berkomunikasi melalui audio (suara).

    Menurutnya jika ada petugas yang terlihat tidak memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, akan langsung bisa mendapatkan teguran dari atasan. Dengan demikian, bisa meningkatkan pelayanan masyarakat.

    “Kita pasang Smart IP CCTV, jadi kalau ada yang bentak-bentak akan terekam, atasan pun bisa langsung menegur pegawainya yang terlihat bermalas-malasan, karena Smart IP CCTV tersambung ke perangkat Smart Phone yang digunakan atasan”, tegasnya. (asp/beritasampiy.co.id)