LK 1 HMI Untuk Regenerasi Membangun Bangsa

    KASONGAN – Untuk menyiapkan regenerasi kader Himpunan Mahasiswa Islam yang siap membangun bangsa, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Katingan menggelar latihan kader (LK) 1 yang dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 22 September di Aula DPD KNPI Katingan, Rabu (20/9/2017).

    Kegiatan pengkaderan ini mengambil tema terbinanya insan yang berbasis keintelektualan keislaman. Latihan Kader 1 ini diikuti oleh 33 peserta yang merupakan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Kampus II Kasongan.

    Koordinator PAO HMI Komisariat Cabang Palangka Raya M. Budiono menuturkan, Latihan Kader I ini merupakan para peserta calon kader Himpunan Mahasiswa Islam yang nantinya akan mengikuti pelatihan. Nantinya mereka akan menjadi insan atau mahasiswa yang berkarakter dan berwawasan luas.

    “Saya berharap kalian semua bisa menjadi tokoh besar dan memiliki pemikiran membangun yang berguna bagi lingkungan masyarakatnya,” kata Budiono.

    Pengkaderan HMI dimaksudkan untuk mempersiapkan para generasi untuk dapat bersikap dan menghadirkan solusi terhadap segala permasalahan di kehidupan sosial kemasyarakatan.

    “Karena setiap generasi ada masanya, termasuk generasi atau tokoh besar saat ini. Oleh sebab itu, niatkan dari sekarang bahwa masuk di HMI semata-mata untuk belajar dan menjadi seorang tokoh besar pada masa yang akan datang,” ungkapnya.

    Menurutnya, dunia belajar dan mengajar di kampus lebih banyak memberikan teori, sedangkan di organisasi HMI malah sebaliknya. Sebab lebih banyak praktik dan belajar bersama dalam mempersiapkan para kader yang lebih berkualitas.

    “Semoga para peserta LK 1 nantinya bisa membawa bekal ilmu dan wawasan saat selesai mengikuti kegiatan ini. Dampak positifnya akan kalian rasakan saat terjun ke tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

    Ketua HMI Komisariat Katingan Hartoni mengatakan, LK 1 merupakan motor atau ujung tombak dalam upaya meregenerasikan kader HMI ke depan. LK 1 kali ini diharapkan mampu melahirkan para kader yang peka terhadap berbagai permasalahan, baik di daerah maupun nasional. 

    “Setelah mengikuti proses pengkaderan atau LK 1 ini, para calon kader diharapkan bisa membawa kontribusi besar bagi lingkungan maupun negara. Karena kegiatan ini khusus menciptakan mahasiswa yang mampu bersikap terhadap berbagai persoalan yang begitu komplek,” ujarnya.

    Ketua Panitia LK 1 Rabuansyah menuturkan, pelaksanaan pengkaderan ini diikuti sebanyak 32 mahasiswa, di antaranya 13 perempuan dan 19 laki-laki. Menurutnya, kegiatan memang sengaja dilaksanakan dengan penuh sederhana.

    “Karena HMI selalu mengadakan kegiatan dengan sederhana namun penuh rasa kekeluargaan. Karena kita lebih mengutamakan solusi atau pemikiran yang membangun,” pungkasnya. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: Edy Ruswandi