Kodim 1013 Muara Teweh Siap Nobar G30S/PKI, Masyarakat Boleh Nonton Lho..!!

    MUARA TEWEH – Komando Distrik Militer (Kodim) 1013 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, akan memutar film berlatar belakang sejarah, Pengkhianatan G30S/PKI. Pemutaran film dan nonton bareng ini merupakan instruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

    “Benar, tanggal 30 September nanti kita akan laksanakan nonton bareng G30S/PKI, masyarakt boleh nanton,” kata Dandim kepada beritasampit.co.id, Rabu (20/9/2017). Film Pengkhianatan G30S/PKI dibuat di era Presiden Soeharto tepatnya pada 1984 yang disutradarai Arifin C Noer.

    Film ini mengisahkan pemberontakan anggota Partai Komunis Indonesia yang, menurut sejarah versi pemerintah, terjadi pada 30 September 1965. Nonton bareng film bersejarah ini tambah dia, bertujuan untuk menanamkan pendidikan sejarah bangsa di kalangan masyarakat, terutama kalangan anak muda.

    “Mulai sekarang, tiap malam liburan sudah mulai, kita laksanakan nobar,” ucap perwira TNI nomor satu di Barut ini. Sejauh ini wawasan sejarah bangsa di kalangan anak muda, tambah dia, mulai luntur dan sudah banyak yang tidak memahaminya lagi, sehingga pihaknya berupaya mengingatkan kembali dan menggalakkan mereka untuk memahami sejarah bangsanya.

    “Pemutaran film tentang kekejaman PKI tersebut agar masyarakat mengetahui sejarah sebenarnya tentang pergerakan PKI yang merongrong keutuhan NKRI saat itu. Saat ini terdapat oknum-oknum yang mencoba memutar balikkan sejarah,” ungkapnya.

    Untuk itu, Dandim berharap pemutaran film yang akan dilaksanakan pada 30 September nantinya dapat diikuti oleh kalangan masyarakat di Kabupaten Barito Utara, khususnya kalangan anak muda sehingga tidak mudah terkontaminasi oleh hal-hal yang dapat memecah belah keutuhan bangsa. (ndr/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY