​Musrenbangdes RKPDes 2018 Desa Satiruk dan Serambut Berjalan Lancar

    SAMPIT – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) , Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2018, di Desa Satiruk dan Serambut berjalan lancar, rapat berlangsung pukul 08.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB, Rabu (20/9/2017).

    Rapat Musrenbangdes RKPDes tahun 2018 didasari hasil Musyawarah Desa(Musdes). Untuk penyusunan RKPDes 2018 yang anggaran sementara mengacu pada APBDes tahun 2017. “Kita agak terlambat dalam melakukan RKPDes 2018, mestinya bulan Juni dan Agustus lalu sudah selesai,” kata Camat Pulau Hanaut yang diwakili Kasi PMD, Rida Iswandi,S.Sos.

    Dia mengatakan, untuk rapat Musrenbangdes menyusun RKPMdes 2018 kali ini, pihaknya menghaturkan maaf kepada yang hadir, bahwa bapak camat tidak bisa hadir lantaran terbentur adanya rapat dikabupaten yang tidak bisa diwakilkan, ujar Rida Iwanto.

    Lanjutnya, mengatakan, meskipun agak terlambat, kita tetap optimis melaksanakan program penyusunan RKPDes tahun 2018 ini. Karena katanya, disebabkan terbentur pagu 2018 yang informasinya belum turun. Jadi kita usahakan untuk semua desa di kecamatan ini untuk tetap menggelar penyusunan RKPDes 2018 yang sekarang kita laksanakan di Desa Satiruk dan kita lanjut sorenya di Desa Serambut,” ucapnya kala membuka RKPDes 2018 dihadapan para undangan yang hadir.

    Dari hasil Misdes itu langsung dibacakan Sekretaris Desa (Sekdes) yang merupakan usulan yang diperioritaskan atas kesepakatan bersama. Hasil itu sendiri dibahas lagi bersama-sama yang mana merupakan program paling mendesak untuk pembangunan di desa itu. Tentunya menyesuaikan dengan anggaran Dana Desa(DD)nya.

    Pejabat Kepala Desa (Kades) Satiruk, Sugeng Slamet usai pelaksanaan Musrenbangdes RKPDes tahun 2018 mengatakan, hasil dari kesepakatan bersama untuk rencana pembangunan desanya ada beberapa item yang sangat peioritas. “Ada tiga item pembangunan yang akan kita laksanakan tahun 2018, yaitu, jembatan Cemeti, profil tank, jembatan penghuhung antar desa dan rumah bersalin,” ujarnya.

    Sementara itu, untuk Desa Serambut RKPDes 2018 memprioritaskan diantaranya, infrastruktur peningakatan pembangunan jalan, pembangunan polindes, pembangunan jembatan dan pembanguan sarana air bersih.

    Acara pelaksanaan Musrenbangdes RKPDes untuk dua desa itu berjalan lancar dan usulan-usulan -usulan banyak yang antri karena anggaran desa masih belum bisa menampung lantaran banyaknya usulan, sehingga RKPDes 2018 disesuaikan anggaran desa.

    Hadir dalam Musrenbangdes Penyusunan RKPDes 2018 itu diantaranya, mewakili Kecamatan , Kasi PMD, Rida Isawndi, S.Sos, Kasi Pemerintahan, Sugeng Slamet, Kepala Puskesmas Anang Junaidi, UPT Disdik yang diwakili Alpiandi, Spd, Ketua BPD serta anggotanya, LKMD, tokoh masyarakat, Ketua RT/RW, kader PKK, kelompok nelayan, Kepala Sekolah dan petugas pustu setempat. (mar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY