​BMKG: Kebakaran Hutan, Lahan, dan Perkebunan Belum Berdampak Pada Penerbangan

    SAMPIT – Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H. Asan Sampit, Nur Setiawan melalui telepon mengatakan saat ini kondisi cuaca dilwilayah Kotawaringin Timur masih aman. Bahkan, dampak dari asap tidak mengganggu arus penerbangan.

    “Untuk penerbangan dari dan ke, untuk saat ini belum terdampak akibat adanya asap. Untuk cuaca sendiri masih dalam potensi hujan dengan intensitas ringan sedang disebagian diwilayah Kotim,” katanya.

    Namun demikian, dirinya tetap menghimbau agar mewaspadai potensi cuaca dan mudah terbakarnya lahan dan perkebunan. “Tetap waspada dengan potensi mudahnya terbakarnya lahan atau kebun yang berdampak terjadinya kabut asap,” ungkapnya.

    Sementara itu pada Sabtu (23/9/2017) siang, tidak jauh dari kawasan Bandara H. Asan Sampit, telah terjadi kebakaran lahan. Entah disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau faktor alam. Namun tidak berdampak pada penerbangan di Bandara H. Asan Sampit.

    Sejauh ini, sudah hampir 50 kali terjadi kebakaran di Kabupaten Kotawaringin Timur selain itu, sudah ada sekitar 264 hektare lahan, hutan, dan kebun terbakar, tahun 2017.

    Masyarakat diminta waspada akan karlahutbun. Terutama disekitar tempat tinggal. Jika ada yang melihat atau melakukan pembakaran, segera laporakan kepada pihak berwenang. Sehingga dengan segera diantisipasi dan tidak berdampak pada meluasnya Karlahutbun. (bnr/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY