Hadapi Pemilu, PSI Lebih Fokuskan Persiapan

    KUALA KAPUAS – Peri Rahmad Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kapuas, berkeyakinan bahwa partainya bisa ikut serta dalam Pemilu Legislatif yang akan datang.

    “Kita sedang mempersiapkan berkas untuk menghadapi verifikasi di KPU Kapuas,” ungkap Peri dampingi pengurus PSI Provinsi Kalteng, dengan Rano Rahman, di Sekretariat PSI Kapuas, Rabu (11/10/2017) sore.

    Ditambahkan, untuk kelengkapan berkas, hingga kini PSI Kapuas sudah berjunlah 409 orang anggota. “Seperti yang diketahui diambil dari 1/ 1000 dari jumlah penduduk suatu wilayah kabupaten pemilihan maka didapat jumlah 409 orang tadi,” kata Rano ikut menambahkan.

    Dijelaskannya, verifikasi tersebut salah satu persyaratan partai agar bisa berparisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). “Jadi untuk saat ini kita memfokuskan untuk persiapan berkas verifikasi ini agar tidak ada kesalahan nantinya,” ucap Peri.

    Sementara, dijelaskan oleh Rano Rahman, untuk persyaratan verifikasi dibagi menjadi dua yakni persyaratan verifikasi partai lama dan partai baru. “Untuk partai lama cukup di persyaratan verifikasi administrasi, sedangkan untuk persyaratan verifikasi partai baru ada dua tahap yakni verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” ujarnya.

    Verifikasi faktual, tambah Rano contohnya status sekretariat partai dan jumlah anggota partai. “Untuk statusnya (sekretariat.red) dicek apakah sewa atau tetap, untuk anggota selain dicek KTA dan KTPnya juga akan diambil sample 10% yaitu sekitar 40 orang lebih,” tambahnya.

    “Kita optimis PSI bisa lolos dalam tahapan verifikasi ini, karena PSI di Kalteng ini sudah ada yang lolos tahapan verifikasi ini,” pungkas Rano. (one/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY