​Seruyan Tanam Perdana Padi Sistem Hazton di Desa Halimung Jaya

    KUALA PEMBUANG – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan melakukan tanam perdana padi sistem hazton, di Desa Halimung Jaya, Kecamatan Seruyan Hilir, Jumat (13/10/17).
    Kapala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan Sugian Noor mengatakan, tehnik tanam hazton ialah suatu system tanam padi yang menggunakan benih berusia tua yaitu sekitar umur 25-35 hari.

    Sedangkan penanamanya dilakukan setiap lubang tanam 20-30 batang tanaman padi.  Tujuan dari tehnik ini adalah untuk menjadikan tanaman lebih produktif dengan cara mengurangi anakan padi.

    “Pada tehnik ini penanaman dalam satu lubang menggunakan 20-30 batang dengan tujuan agar tanaman yang berada ditengah terjepit dan tidak beranak sehingga tanaman akan menjadi tanaman induk yang produktif,” katanya di Kuala Pembuang, Minggu (15/10/17).

    Ia menjelaskan, sistem tanam tersebut dapat meningkatkan hasil panen mencapai 40 persen dari pada dengan tanam biasa yang dilakukan petani di Seruyan.

    “Petani juga tidak usah ragu dengan menggunakan sistem hozton ini, karena sudah terbukti produksinya lebih tinggi,” jelasnya.

    Ia menambahakan, ada 10 H lahan pertanian yang akan dilakukan tanam perdana.  “Ada beberapa daerah yang nanti akan kita khususkan sistem tersebut, di Desa Mekar Indah serta Desa Persil Raya daerah Mahang,” tambahnya. (rdi/beritasampit.co.id)

    Editor: A. Uga Gara