Cegah Rabies,  Puluhan Anjing Peliharaan Warga Sukamara Divaksinasi

    SUKAMARA – Puluhan ekor  Anjing peliharaab warga  Desa Sungai Baru, Kecamatan Jelai dan Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci divaksinasi anti rabies oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara.

    Kepala Dinas KPP Sukamara, Irlan Khodriansyah melalui Kabid Peternakan, Syamsir Hidayat mengatakan bahwa setidaknya ada 21 ekor anjing di dua desa itu yang divaksin.

    “Di Desa Sungai Baru 10 ekor dan di Desa Sungai Damar itu ada 11 ekor, dan vaksinasi rabies kali ini sudah yang kedua kalinya ditahun ini,” ujar Syamsir saat dikonfirmasi, Minggu (22/10/2017).

    Menurutnya, vaksinasi terhadap anjing terutama binatang peliharaan sangat diutamakan, hal itu untuk menghindari tertularnya rabies ke manusia.

    “Kami dalam menjalankan tugas selalu melibatkan pihak desa, karena memang program ini merupakan program rutin, jadi aparatur desa harus tahu dengan kondisi peliharaan wargnya juga,” terang Syamsir.

    Dijelaskannya, pelibatan pihak desa dalam program vaksinasi rabies tersebut agar pada saat dilakukan vaksinasi, warga yang memiliki hewan peliharaan dapat menyaksikan bahwa vaksinasi telah dilakukan sesuai jadwal. “Jadi saat jadwal berikutnya juga tetap terpantau,” pungkas Syamsir.(sya/beritasampit.co.id)

    Editor: A. Uga Gara