KEREN…Peringati Hari Santri Nasional, Santri Ponpes Alhuda Kotawaringin Laama Bersihkan Lingkungan Wisata

    PANGKALAN BUN – Kebersihan adalah bagian dari iman. Itulah salah satu yang dihayati para santri di Pondok Pesantren IT Alhuda Kotawaringin Lama, (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

    Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari Minggu (22 Oktober 2017), para santri melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan wisata. Hal tersebut dikatakan Gusti Samudra, Ketua Yayasan Alhuda, kepada beritasampit.co.id, melalui telephon selulernya Minggu (22/10/2017).

    “Perlu diketahui, Kotawaringin Lama adalah salah satu kota tertua di Kalimantan Tengah. Karena disinilah tempat berdirinya kota kerajaan Kotawaringin di abad XVII. Dan kini, Kotawaringin Lama ini menjadi salah satu pusat wisata religi. Karena disini juga terdapat masjid tertua, yang dirikan pada abad XVII tersebut,” ungkap Samudra.

    Dijelaskan Samudra, para santri memilih membersihkan lingkungan ponpes dan wisata, kerena dengan bersihnya lingkungan di dalam Ponpes SMP IT Alhuda dan lingkungan Kecamatan Kotawaringin Lama, maka akan menunjukkan bahwa kebersihan adalah bagian dari iman.

    “Membersihkan lingkungan wisata ini karena Kotawaringin Lama menjadi tujuan wisata religi. Jadi Kotawaringin harus bersih dari sampah-sampah plastik yang ada di sepanjang jalan kota kecamatan,” terang Samudra.

    Dalam kegiatan membersihkan lingkungan tersebut, para santriawan dan santriwati secara bersama mengumandangkan salawat nariyah.

    “Ini bertujuan untuk mengenang jasa para kiayi dan tokoh ulama serta para santri yang telah ikut andil dan berjasa dalam merebut kemerdekaan NKRI,seperti di sampaikan Presiden Jokowi tadi malam yang disiarkan berbagai televisi,” sambung salah satu ustadz Ponpes Alhuda, yaitu Ustadz Rozak.

    “Apa yang kami lakukan adalah contoh dari gerakan nyata, dan itu semua kami lakukan semampunya.Tujuannya antara lain untuk membangun semangat menyebarkan syiar islam dan kepedulian sosial demi mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan islami. Inilah bagian dari semangat kami para santri untuk turut membangun negeri”,beber Ustadz Rozak.(man/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY