Kadis Koperasi Janji Atur HET LPG Bersubsidi di Katingan

    KASONGAN – Kepala Dinas (Kadis) Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Katingan Drs. H Saptul Anwar, berjanji akan mengatur Harga Eceran Tertinggi (HET) Gas LPG bersubsidi isi 3 Kg di Kabupaten Katingan. janji ini disampaikannya kepada media, Rabu (25/10/2017)‎

    Menurutnya lantaran adanya beberapa laporan dan keluhan dari masyarakat di beberapa wilayah kecamatan, dan salah satunya adalah masyarakat di wilayah kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

    “Mereka sangat keberatan dengan kian naiknya harga gas LPG bersubsidi yaitu isi 3 Kg yang dibeli di pasar Kasongan dan sekitarnya, dengan harga sekitar Rp 35.000,- pertabung. Padahal harga di kota Palangka Raya hanya dengan kisaran antara Rp 23.000,- hingga Rp 25.000,- saja pertabung, sedangkan harga di agen hanya sekitar Rp 20.000,- saja pertabung,” kata Saptul.

    Namun, sebelum melangkah lebih jauh dirinya berjanji akan melaporkan dulu tentang rencana pengaturan HET ini kepada Bupati Katingan Sakaryas SE. Kemudian, baru dilakukan rapat bersama Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait lainnya, diantaranya bagian Sumber Daya Alam (SDA) dan Dinas PU, Penataan Ruang dan Perhubungan serta bagian ekonomi setda Katingan untuk menentukan HET dimaksud.

    Terkait dengan adanya kenaikan harga gas LPG bersubsidi isi 3 Kg di Kabupaten Katingan ini, menurutnya tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena, sudah sangat keterlaluan. “Pasalnya, harga seperti itu nyaris sama dengan harga gas LPG non bersubsidi,” ujarnya, seraya berjanji akan megetahui lebh jelas penyebabnya sampai ke akar-akarnya.

    Selanjutnya, mantan staf akhli di Setda ini meminta dengan tegas kepada semua pedagang eceran di toko-toko dan di pasar-pasar Kasongan dan sekitarnya agar tidak menjual gas LPG bersubsidi isi 3 Kg dengan menggunakan aji mumpung. Maksudnya, mumpung barangnya sedikit atau jumlah kuotanya lebih sedikit dari kebutuhan, sehingga harga jualnya sesuka hati saja.

    Kemudian, ditanya tentang jumlah agen yang sudah memiliki perizinan di Kabupaten berjuluk bumi Penyang Hinje Simpei ini, menurutnya hanya satu saja, yaitu milik Aries Narang yang berkantor di Jalan Soekarno Hatta KM 4 atau Jalan Depag – Kasongan.

    “Saya berharap agen gas LPG bersubsidi isi 3 Kg di Kasongan ini tidak hanya satu ini saja, tapi minimal 2 agen. Sehingga, bisa mencukupi jumlah kebutuhan masyarakat Katingan akan gas yang kian hari semakin bertambah tingkat kebutuhannya ini,” harapnya. (ar/beritasampit.co.id)

    Editor: DODY