Kenalkan Keindahan Alam dan Budaya Kalteng Lewat Jepretan Foto

    Penulis: Ahmad Prianto

    Kalimantan Tengah merupakan provinsi yang sangat luas, dengan wilayah yang membentang dari pesisir pantai hingga pedalaman yang berbukit-bukit tentunya menyimpan sejuta keindahan pesona indah dipandang mata.

    Namun karena wilayahnya yang sedemikian luas pula, jarak antara kabupaten yang satu dengan yang lainnya tidaklah dekat. Bayangkan saja wilayah seluas 153.564 km2 ini tentunya punya keistimewaan sendiri dan itu adalah potensi wisata alam dan budaya salah satunya.

    Jarak yang jauh ataupun waktu tempuh yang relatif lama tidak menyurutkan suatu komunitas dibidang fotografi ini dalam hal menikmati sekaligus mengabadikan momen dalam bentuk foto, adalah instanusantarapky atau singkatan dari instanusantara Palangka Raya yang merupakan sebuah komunitas yang berdiri pada 11 mei 2015 silam.

    Komunitas yang berkecimpung dalam bidang fotografi ini menggunakan media sosial instagram sebagai salah satu tempat memperkenalkan hasil karya mereka yang berupa foto-foto dari tiap penjuru Kalimantan Tengah. Salah seorang anggota instanusantarapky bernama Dimas F. yang kami temui disela-sela suatu acara mengatakan bahwa selain sebagai wadah untuk menyalurkan hoby dan bakat.

    Komunitas tersebut juga mempunyai salah satu tujuan yang sangat penting yakni mempromosikan keindahan alam dan budaya di Kalimantan Tengah dalam bentuk foto agar nantinya bisa diketahui oleh masyarakat luas serta dapat menjadi salah satu objek wisata.

    Bahkan salah satu hal yang cukup mengejutkan adalah ternyata ada beberapa objek wisata yang saat ini masih belum diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Hal inilah yang membuat dirinya dan anggota yang lain selalu update serta melakukan perjalanan untuk melihat dan mengabadikan lokasi yang dimaksud.

    Begitupula halnya dengan wisata budaya yang ada di Kalimantan Tengah, tentunya ada banyak juga budaya yang bisa dikategorikan sebagai objek wisata mengingat beragamnya suku dayak yang ada di Kalimantan Tengah ini. Bahkan ternyata ada juga budaya yang belum diketahui banyak orang hingga saat ini.

    Terakhir tentunya setiap perjuangan pastinya memerlukan pengorbanan dan juga penuh rintangan. Semua perlu proses yang penuh dengan lika liku bahkan memerlukan waktu, tenaga dan pikiran. Namun itu semua pastinya akan terbayarkan tatkala sebuah karya yang luar biasa dalam bentuk foto muncul dan memprosikan wisata alam serta budaya yang akan diketahui banyak orang.