Irwansyah: Panwascam Ujung Tombak Pengawasan Pemilu

    SUKAMARA – Ketua Panwaslu Kabupaten Sukamara, Irwansyah mengatakan, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018, serta Pemilihan DPR, DPD, dan Pemilihan Presides dan Wakil Presiden semestinya dikelola dengan manajemen yang baik.

    “Hal ini untuk menjamin pelaksanaanya bebas, rahasia, jujur, dan adil, serta melahirkan pemimpin yang bersih dan memiliki integritas, kredibilitas dan mumpuni,” kata Irwansyah usai melatik 15 anggota Panwascam, di Aula Bappeda Sukamara, Minggu (12/11/2017).

    Irwansyah menerangkan bahwa Panwascam merupakan ujung tombak dan pelaku utama dalam mewujudkan seluruh agenda pengawasan menuju suksesnya pilkada serentak 2018 mendatang.

    “Menurut sejarah panitia pengawas pemilu adalah lembaga yang tidak berpihak, menjadi pengawas pemilu harus bisa menjaga integritas, netralitas baik sikap maupun tindakan,” terangnya.

    Dia juga menegaskan agar Panwascam wajib bersikap tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas panitia pengawas dilapangan.

    “Panwascam juga harus dapa menerima dan menindaklanjuti laporan yang berkaitan dengan adanya dugaan pelanggaran undang-undangan terhadap pelaksanaan pemilu,” pungkas Irwansyah. (sya/beritasampit.co.id)

    Editor: A. U Gara