Kembangkan Keterampilan di Perpusdes

    KUALA KAPUAS – Perpustakaan Desa (Perpusdes) Pulau Mambulau, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, yang diberi nama “Pojok Cari Ilmu” resmi dibuka secara simbolis oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Jumat, (13/11/2017).

    Dalam peresmian itu, Kepala Disarpustaka Kapuas, Drs Hj Nor Apiati MPd, mengucapkan terima kasih kepada kepala desa berserta jajaran, dan warga setempat, karena telah menyambut kedatangan pihaknya yang sungguh luar biasa.

    “Dengan diresmikannya Perpusdes Desa Pulau Mambulau yang diberi nama Pojok Cari Ilmu ini, kami sangat apresiasi sekali untuk inovasi yang dilakukan oleh bapak kepala desa, karena perpustakaan desa memiliki manfaat yang sangat besar dalam mengembangkan kualitas hidup, baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya.

    Apalagi, lanjut Nor Apiati, perpustakaan sekarang sudah bertransformasi. Artinya, jelas dia, kalau dahulu perpustakaan hanya sebagai tempat dan meminjam buku, maka sekarang perpusatakaan bisa dijadikan tempat untuk mengembangkan pengetahuan, dan keterampilan.

    “Sekarang perpustakaan bukan lagi hanya sebatas tempat membaca dan meminjam buku, tetapi bisa digunakan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kegiatan lainnya yang bersifat positif. Mari kembangkan pengetahuan dan keterampilan warga di Perpusdes ini,” terang Nor Apiati.

    Sementara itu, Kades Pulau Mambulau, Alfiannor, mengatakan, setelah diresmikannya Perpusdes Pojok Cari Ilmu itu, pihaknya akan menerapkan inovasi untuk salah satu PAD (Pendapatan Asli Desa) digantikan dengan buku.

    “Kami akan rancangkan Perdes bersama BPD dan seluruh ketua RT untuk biaya suatu urusan nanti akan kami gantikan dengan buku. Jadi warga kalau berurusan misalnya izin usaha atau izin yang lainnya, mereka bayarnya dengan buku, bukan dengan uang. Kalau Perdesnya sudah disetujui, kami akan terapkan itu secepatnya,” terangnya.

    Untuk diketahui, dalam peresmian Perpusdes Pulau Mambulau itu, tampak warga dan pelajar setempat sangat antusias menyaksikan peresmiannya. Karena dalam acara itu, juga digelar senam bersama IGTKI Kapuas, Story Telling, dan hiburan. (ps/beritasampit.co.id)