Menjelang Pilkada, KPU Katingan Lakukan Sosialisasi

    KASONGAN – Komisi Pemiliham Umum ( KPU) Kabupaten Katingan gelar Sosialisasi Pencalonan dari partai Politik dan Perseorang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018, di Aula Hotel Katingan, Rabu (25/11/2016).

    Hadir dalam sosialisasi ini Sekretaris Daerah Katingan Nikodemus, Ketua Kejaksaan Kasongan, sejumlah Organisasi Kepemudaan, sejumlah Partai Politik, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

    Ketua KPU Katingan, Sapta Tjita mengatakan bahwa tuujuan dari Sosialisasi tersebut untuk memberikan informasi mengenai tahapan, jadwal pemilih, kemudian meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran calon pemilih khususnya pencalonan dari partai Politik dan Perseorang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018.

    Lebih lanjut Sapta Tjita menyampaikan bahwa tahapan sosialisasi ini merupakan salah satu peran KPU Katingan dalam memberikan pemahaman kepada pemilih, yaitu bagaimana menjadikan pemilih memahami proses demokrasi, kemudian memberdayakan para pemilih tidak sekedar menjadi obyek yang mudah dimanipulasi dan dimobilisasi. Melainkan menjadi subyek yang dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pemilihan kepada daerah dan pemilihan umum legislatif tahun 2018.

    “Mudah-mudahan pada hari ini‎ adalah dalam rangka menyamakan persesepsi pemahaman dalam rangka proses pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan tahun 2018,” ucapnya.

    Pihaknya juga mengatakan ‎ ada beberapa hal yang baru dan yang perlu di pahami bersama, terutama terkait dengan pemeriksaan kesehatan. Salah satunya bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dalam pelaksanaan kesehatan para calon kepala daerah.

    “Terkait dengan informasi pemilihan kepala deaerah maupun pemilu legislatif tahun 2018, silahkan bagi masyarakat datang ke kantor KPU katingan pada jam kerja dan pasti kami layani. ‎ Perlu saya sampaikan juga terkait dengan peraturan UUD yang baru ini sangat ketat. Jadi dalam hal berkomunikasi dan bermasyarakat, kami hanya sedikit membatasi dalam waktu-waktu ini. karena sedikit saja bisa menimbulkan masalah, siapa tau ada penafsiran-penafsiran berbeda, jadi kita pahami bersama,” pungkasnya.

    Materi Sosialisasi yang disampaikan ini diantaranya yaitu tentang pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2018, yang dibawakan oleh anggota KPU Provinsi Kalimantan tengah Daan Rismon, Kemudian materi mekanisme pendaftaran, pemeriksaan syarat pencalonan dan syarat calon pada pemilihan bupati dan wakil bupati katingan oleh anggota KPU katingan Leti Resia Novika.

    Lalu materi tentang dana kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati katingan tahun 2018 yang disampaikan oleh ketua KPU Katingan Sapta Tjita, dan materi tentang pengunaan aplikasi sistem informasi pencalonan ( SILON) pada pemilihan bupati dan wakil bupati yang disampaikan oleh Kasubag Hukum Provinsi Kalteng Rifani.

    (ar/beritasampit.co.id)