Cara Korem 102 Membantu Pemda Kalteng Bila Kebakaran Hutan Melalui Latihan Posko

    PALANGKA RAYA – Komandan Resimen Induk Daerah Militer (Danrindam) XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Khairul Anwar Mandailing, S.H., M.Tr.(Han) bertindak langsung sebagai Komandan Latihan Pos Komando 1 Korem 102/Panju Panjung yang dilaksanakan oleh Korem 102/Panju Panjung Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

    Latihan Pos Komando 1 Korem 102/Panju Panjung tersebut dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti sebanyak 50 orang sesuai alokasi latihan.

    ”Bahwa latihan pos Komando I ini merupakan program latihan rutin Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), dengan materi yang diadaptasi dari tugas pokok, yang sesuai dengan kondisi wilayah. Sebagai gambaran, di wilayah Kalteng, maka materi yang dilatihkan adalah bagaimana membantu Pemerintah Daerah menangani bencana kebakaran hutan dan lahan,” ujar Danrindam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Khairul Anwar Mandailing, S.H.,M.Tr.(Han) dan juga selaku Komandan Latihan Pos Komando I Korem 102/Panju Panjung.

    Lanjut Komandan Latihan mengatakan, latihan Pos Komando I Korem 102/Panju Panjung kali ini menggaris bawahi tentang penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalteng serta Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalteng, kata Kolonel Inf Khairul Anwar.

    Selain itu Komandan Latihan menjelaskan, bahwa pemilihan materi tentang Pemberian Bantuan Korem 102/Panju Panjung kepada Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng dalam menaggulangi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan karena materi ini paling mungkin dilaksanakan dalam tugas sehari-hari di Provinsi Kalteng,” jelasnya.

    “Bahkan saat ini, Danrem 102/Panju Panjung sebagai Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan sedang melaksanakan tugas tersebut. Inilah pentingnya pemilihan materi latihan yang match (sesuai) dengan tugas sehari-hari,” tukas Komandan Latihan Kolonel Inf Khairul Anwar. (Korem 102 for beritasampit.co.id)