Diperingati Sederhana, Ratusan Guru Berkumpul Pada HUT PGRI Ke-72

    MUARA TEWEH – Peringatan HUT PGRI Ke-72 dan Hari Guru Nasional yang dilaksanakan di gedung pertemuan umum Balai Antang Muara Teweh, dihadiri oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah. Didampingi unsur FKPD dan SOPD, acara tersebut berlangsung meriah meski sederhana.

    Dalam Sambutannya Bupati Barito Utara menyampaikan bahwa pentingnya peran dari organisasi PGRI dan guru sebagai perangkat didalamnya, dalam mencerdaskan generasi untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

    “Saya beharap agar pendidik (Guru) bisa menjadi sosok inspiratif, yakni sosok yang dirindukan tidak hanya murid tetapi semua kalangan masyarakat. Dimana pendidik menyampaikan ilmu pengetahuan untuk masa depan anak bangsa sehingga tercipta anak didik yang memiliki pengetahuan juga memiliki ilmu sebagai modal yang baik,” kata H. Nadalsyah dalam sambutannya Kemis, (30/11/2017).

    Untuk itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada dewan guru yang selama ini telah membaktikan diri dalam perjuangan, untuk mencerdaskan generasi bangsa. Dan ia juga mengharapkan agar para guru dapat meningkatkan kemampuannya melalui uji kompetensi dan dapat meningkatkan kinerjanya.

    Maka dari itu Bupati Barito Utara meminta agar uji kompetensi dimanfaatkan, sebagai instrumen dalam memetakan kemampuan guru yang hasilnya dimanfaatkan untuk mendesain dan melaksanakan pelatihan sesuai dengan kebutuhan guru.

    Yang tentunya agar para pengurus PGRI di berbagai tingkatan mulai dari pengurus besar hingga ranting bekerja keras mengawal perjuangan dan aspirasi para guru, pendidik dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan profesionalisme, kesejahteraan.

    Kemudian perlindungan dengan santun, elegan, dan bermartabat tanpa membedakan status Guru negeri, swasta, guru di bawah Kementerian Agama maupun Kemendikbud, atau bahkan guru tetap maupun guru tidak tetap.

    Selain itu, Bupati juga mengajak para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengamalkan jati diri PGRI, melaksanakan kode etik guru, dan selalu meningkankan komitmen dan profesionalisme dengan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik.

    “Pemerintah saat ini sangat memperhatikan kesejahteraan guru, baik guru tetap maupun tidak tetap. Sehingga saat ini pemerintah Kabupaten Barito Utara telah menyetujui kenaikan Gajih Guru Honorer dan tunjangan daerah sebesar 50 persen.

    (shp/beritasampit.co.id)