KPU Katingan Diminta Gencarkan Sosialisasi Pilkada

    KASONGAN – Target Nasional untuk tingkat partisipasi pemilih sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( KPU RI) sebesar 77,5 persen. Jika dibandingkan dengan tingkat partisipasi Pilkada Katingan tahun 2013 lalu, pada putaran pertama sebesar 61,66 persen dan kedua turun sebesar 59,58 persen. Maka dengan itu menjadi beban tersendiri untuk mencapai target nasional. Demikian dikatakan Bupati Katingan Sakariyas saat menghadiri acara sosialisasi terpadu pemilihan bupati dan wakil bupati, di Gedung Salawah Kasongan, Sabtu (9/12/2017).

    “Saya berharap KPU Kabupaten Katingan agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang memiliki hak pilih,” ujarnya.

    Kemudian, lanjutnya, bagi warga yang memiliki hak pilih, namun belum memiliki KTP Elektronik atau memiliki surat keterangan, agar segera melakukan perekaman.‎

    “Karena sesuai undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah secara tegas masyarakatnya bahwa syarat utama sebagai pemilih adalah warga yang memiliki KTP Elektronik atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil,” jelas Sakariyas.

    Untuk itu, kata dia, menjadi tugas pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Katingan dalam memenuhi ketentuan tersebut, dan juga diharapkan kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman harus lebih meningkat pula. 

    “Saya tekankan hal ini penting dilakukan karena dengan komunikasi dan koordinasi semua persoalan tantangan dan hambatan dalam proses penyelenggaraan Pilkada Katingan tahun 2018 ini, dapat kita selesaikan bersama-sama. Secara khusus saya juga meminta sesama penyelenggara KPU dan Panwaslu disemua tingkatan untuk saling bersinergi dalam semua tahapan, bekerja sesuai dengan kewenangan masing-masing dan bertindak sebagaimana aturan yang ada,” ucapnya.

    Untuk diketahui, dalam acara Sosialisasi Terpadu Pilkada Katingan 2018 itu hadir Kabag Ops Polres Katingan, Kompol Sumarsono, perwakilan dari FKPD, sejumlah Kepala SOPD, para petinggi parpol, pelajar, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk Bupati Katingan periode 2003-2013 Duwel Rawing, Danramil, Kapolsek, Panwaslih ditingkat kecamatan maupun PPK. (ar/beritasampit.co.id)‎