Bangunan SDN 3 Sidorejo Kobar Memprihatinkan

    PANGKALAN BUN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Triyanto, berkunjung ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan, Kota Pangkalan Bun, Jumat (8/12/2017).

    Kunjungan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terhadap dirinya, bahwa ada bangunan sekolah diperkotaan yang kondisinya memprihatinkan.

    Menurutnya, apa yang dilaporkan masyarakat tentang sekolah itu memang benar adanya.

    “Tadi kita bertemu, dan berbicara langsung dengan Kepseknya. Keberadaan bangunan di sekolah ink sangat memprihatinkan. Untuk pendidikan agama menggunakan rumah dinas guru yang sudah tidak terpakai. Bangunan itu sudah sejak tahun 1983, sudah tua sekali,” beber Triyanto.

    Menurutnya, setiap hari di sekolah tersebut ada pelajaran agama, sehingga harus menggunakan eks rumah dinas guru untuk mensiasatinya.

    “Kita sangat prihatin atas kondisi sekolah tersebut. Nanti akan kita sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Kobar, dan semoga tahun 2018 mendapat perbaikan dan tambahan kelas agar bisa menambah jumlah muridnya,” ucapnya.

    Sementara itu, Kepala SDN 3 Sidorejo, Sri Sumarni, mengungkapkan, bahwa secara umum proses belajar mengajar memang tetap berjalan sebagaimana mestinya, walaupun keadaan sejumlah sarana untuk belajar masih kurang memadai.

    Menurutnya, setiap tahun banyak masyarakat yang mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah yang ia pimpin, namun terpaksa ditolak lantaran bangunan sekolah yang kurang memadai, seperti ruangan untuk belajar agama, masih menggunakan ruangan bekas rumah dinas guru tahun 1980-an, yang keadaanya sudah lapuk.

    “Pokonya kalau kekurangan dijabarkan satu persatunya banyak, yang jelas kami perlu bangunan toilet (WC), ruang guru dan ruang belajar untuk agama, serta penambahan kelas, juga perbaikan rumah dinas guru,” terangnya.

    Ia menambahkan, untuk usulan ke Pemkab Kobar melalui Dinas Pendidikan sudah diajukannya setiap tahun, namun sampai sekarang belum ada juga realisasinya. (Man/beritasampit.co.id)