Sambut Natal dan Tahun Baru, PHBK Katingan Gelar Parade

    KASONGAN –  Untuk menyambut Perayaan Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2018. Panitia Hari-Hari Besar Kristen (PHBK) Kabupaten Katingan menggelar Parade Natal, yang dibuka Kepala Dinas Sosial Katingan Kesmy Pandiangan, Senin (11/12/2017).

    Parade Natal dengan mengambil start di depan halaman Kantor Koramil, Jalan Katunen Kota Kasongan itu diikuti 17 kelompok, terdiri dari sekolah, Gereja, organisasi, dan masyarakat umum mengunakan kendaraan roda empat, roda dua, sepeda, dan pejalan kaki dengan mengunakan hiasan perayaan Natal.‎

    Dalam sambutan Bupati Katingan Sakariyas, yang disampaikan Kepala Dinas Sosial Katingan Kesmy Pandiangan ,mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan sangat mendukung penuh acara keagamaan seperti itu. Pasalnya, parade natal itu merupakan wadah untuk saling menyampaikan pesan damai Natal kepada seluruh masyarakat. Sehingga kecintaan umat Kristiani diharapkan terus menggelora kepada Tuhan. 

    “Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Katingan sangat mendukung penuh kegiatan keagamaan dalam menyambut perayaan natal dan tahun baru 1 Januari  2018 yaitu dengan melaksanakan Parade natal di Kota Kasongan ini. Semoga dengan perayaan ini dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita semua kepada tuhan dan damai di sisinya,” ujarnya.

    Sementara, Ketua PHBK Katingan Sarman Molilo, mengatakan, bahwa  parade natal merupakan tradisi selama beberapa tahun ini, seperti hari raya paskah dan Natal. Oleh sebab itulah menjadi sarana perekat kekeluargaan umat kristiani.

     “PHBK ini menjadi organisasi penyambung atau pemersatu seluruh gereja, jemaat maupun masyarakat umum yang ada di kabupaten katingan,” ujarnya.

    Lanjutnya mengatakan, bahwa perayaan ‎parade natal kali ini‎ berjumlah 360 orang peserta yang terdiri dari ‎17 kelompok, baik sekolah-sekolah yang ada di katingan, Gereja, kelompok pemuda pemudi dan masyarakat umum.

    “Rute parade Natal yaitu Jalan Tjilik Riwut menuju jalan Soekarno Hatta, kemudian jalan  Ahmad Yani dan Finisnya masuk di Bundaran Kantor Bupati Katingan,” pungkasnya.(ar/beritasampit.co.id)‎