Pertanian Sungai Sugih Kota Besi, Kembangkan Tanam Padi Jajar Legowo

    SAMPIT – Area pertanian yang terletak di Sungai Sugih kecamatan Kota Besi Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng) adalah salah satu area lahan pertanian terbaik di Kotim.

    Untuk mengupayakan peningkatan lebih maksimal lagi, pihak dari Balai Pengkaji Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng meninjau lokasi pertanian yang berada di Sebrang Kota Besi tersebut, Rabu (13/12/2017).

    Dari hasil pantauan tim yang meninjau lokasi, Kepala BPTP Kalteng Ferri Fachrudin Munier merasa optimis dengan potensi lahan pertanian yang berada di Sungai Sugih.

    Karena menurutnya pertanian Sungai Sugih sangat berpotensi hingga dapat lebih baik dalam intensitas produksi padi yakni menggunakan sistem penanaman jajar legowo yang telah banyak dikembangkan didaerah pengnghasi gabah padi di Indonesia.

    “Sistem ini adalah sistem penanaman yang bagus sebab ditambah dengan bantuan teknologi, sehingga dapat meningkatkan produksi padi. Selain itu juga bisa diterapkan kepada tanaman kedelai dan jagung,” ujarnya.

    Lahan pertanian Sungai Sugih dengan luas 12 hektar tersebut adalah area pertanian dengan agroekosistem pasang surut.

    Dengan demikian tim BPTP Kalten diproyeksikan dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo, nantinya lahan pertanian tersebut dapat menghasilkan 7 ton gabah padi dalam setiap hektarnya.

    (fzl/beritasampit.co.id)