Harga Naik, Saatnya Jual Emas

    SAMPIT – Harga emas di Kabupaten Kotawaringin Timur, kembali naik. Namun demikian, aktivitas jual beli emas khususnya di Pusat Perbelajaan Mentaya (PPM) Sampit, relatif stabil.
    Pemilik Toko Emas Mitra Baru di PPM Sampit, H. Sani mengatakan sejak sebulan menjelang tahun baru tahun 2014 lalu, harga emas sempat berada pada level terendah. Akan tetapi setelah memasuki tahun baru harga emas di Kotim, mulai merangkak naik.

    Disebutkan, untuk emas blok atau lantakan dan emas kadar 999 atau emas Amerika saat ini mengalami kenaikan rata-rata Rp 5.000 per gramnya.

    “Memasuki awal tahun 2015, harga emas mulai naik, rata-rata dikisaran Rp 5.000 per gram. Saya lihat warga masih ramai untuk menjual dan membeli emas di PPM Sampit,” ujarnya, Selasa (3/2).

    Menurut Sani, naik turunnya harga emas, khususnya emas blok atau lantakan (emas batangan) masih sangat bergantung pada pergerakan harga emas Internasional. Hal itu juga diiringi dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Sementara pada kurun waktu tertentu naik turunnya harga emas juga dipengaruhi atas naik turunnya harga minyak dunia.

    Dari pantauan, beritasampit.com di PPM sampit kemarin, tercatat harga emas blok atau batangan dijual dengan harga  Rp 510 ribu rupiah pergram. Sedangkan emas perhiasan dengan kadar 999 atau emas amerika, Rp 515 ribu rupiah pergram.

    Demikian juga dengan emas perhiasan dengan kadar 750 atau emas putih, kisaran harga 470 ribu rupiah pergram. Untuk kadar 700 atau emas singapore rata-rata dijual dengan harga Rp 400 ribu rupiah per gram.

    “Untuk emas dengan kadar 420 atau kadar 375 juga mengalam kenaikan dan untuk harga jual nya dikisaran  Rp 235 ribu rupiah pergram,” ungkap Sani. (raf/030215/beritasampit.com)

    (Visited 11 times, 1 visits today)