Gerindra Kotim Jatuhkan Pilihan ke Supian Hadi

    SAMPIT – Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kotawaringin Timur, Ary Dewar tanpa ragu-ragu mengungkapkan dukungan partainya terhadap incumbent, H Supian Hadi sebagai calon bupati pada pemilu kepala daerah nanti. Pihaknya bahkan sudah merekomendasikan nama Supian Hadi ke pimpinan Gerindra di tingkat pusat.

    Ary mengatakan, ada dua nama bakal calon Bupati Kotim yang direkomendasikan Gerindra Kotim untuk diputuskan DPP Gerindra, yaitu nama Supian Hadi dan Ary Dewar sendiri. Munculnya dua nama tersebut merupakan hasil survei dan aspirasi internal kader Gerindra serta akar rumput masyarakat luas.

    Gerindra memang memprioritaskan kader sendiri untuk diusung dalam pemilu kepala daerah nanti. Namun Ary menegaskan, partainya juga tidak menutup mata jika ada figur di luar Gerindra yang dinilai berpeluang besar untung didukung.

    “Asalkan dia punya komitmen terhadap Gerindra, mengapa tidak? Dan ini yang kami temukan di figur incumbent. Tapi keputusan tetap menunggu dari pusat. Ya kalau calon nomor satu (Supian Hadi) tidak disetujui, kan masih ada calon nomor dua, saya sendiri,” kata Ary.

    Hasil evaluasi Gerindra, Supian Hadi mempunyai elektabilitas yang masih tinggi. Meski ada kekurangan selama menjadi Bupati Kotim hampir lima tahun ini, namun kelebihan Supian Hadi masih lebih besar dan dibuktikan dengan kemajuan yang dicapai Kotim dalam lima tahun terakhir.

    Terkait pencalonan, sesuai aturan maka partai politik atau koalisi partai politik yang bisa mengusung calon kepala daerah adalah mereka yang memperoleh minimal 20 persen kursi di DPRD atau 25 persen suara sah. Dengan jumlah kursi di DPRD Kotim sebanyak 40 kursi, maka syarat mengusung calon bupati minimal harus memiliki delapan kursi.

    Mengacu pada aturan tersebut maka hanya PDIP yang bisa mengusung sendiri calon bupati tanpa berkoalisi karena memiliki delapan kursi di DPRD Kotim, sedangkan partai lainnya harus berkoalisi. Partai Gerindra hanya memperoleh lima kursi sehingga harus berkoalisi dengan partai lain jika ingin mengusung calon bupati.

    “Misalnya Supian Hadi tidak dicalonkan lagi oleh PDIP, maka Gerindra siap mencalonkannya. Nanti Gerindra bisa berkoalisi dengan PPP yang dapat tiga kursi sudah cukup, juga ditambah satu kursi dari PKS. Pokoknya kami siap,” tegas Ary Dewar.

    Sementara itu, Supian Hadi dalam beberapa kesempatan menegaskan akan kembali maju pada pemilu kepala daerah nanti dengan tetap menggandeng HM Taufiq Mukri yang merupakan Ketua DPC PPP Kotim, sebagai calon wakil bupati. Jika aturan nanti menegaskan bahwa yang dipilih hanya calon bupati, dia memastikan akan tetap memberikan kursi wakil bupati kepada Taufiq. Jika ternyata Kotim termasuk daerah yang mendapat jatah dua kursi wakil bupati, maka dirinya tinggal mencari satu lagi figur wakil bupati. (vis/160215/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)