Festival Habaring Hurung Segera Digelar

    SAMPIT – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, akan menggelar kegiatan Festival Budaya Habaring Hurung. Event tahunan yang masuk dalam agenda pariwisata ini rencananya dilaksanakan pada pertengahan Maret.
    Kategori lomba yaitu tarian daerah Kalteng, vokal grup lagu daerah Kalteng, serta lomba seni, lomba lukis ornamen daerah dan objek legenda yang ada di Kalteng. Meski baru disosialisasikan, namun respons masyarakat dan pelaku seni di Kotim terhadap lomba ini cukup bagus.
    Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotim, Yahya mengatakan, Festival Budaya Habaring Hurung akan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Maret mendatang.
    Kali ini ada yang unik dari gelaran ini. Pasalnya, lokasi kegiatan tersebar di tempat objek wisata di daerah, baik di Stadion 29 November Sampit, Taman Kota Sampit, dan Taman Miniatur.
    “Kegiatan ini diikuti oleh pelajar dan umum di Kabupaten Kotim. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui kegiatan ini lebih detail, bisa langsung datang ke kantor kami di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” terang Yahya.
    Ditambahkan, Festival Budaya tahun ini akan dikemas lebih menarik dari tahun sebelumnya karena panitia sudah menyiapkan berbagai kejutan. Bagi pemenang nantinya akan dipercaya mewakili Kotim untuk lomba serupa di Festival Isen Mulang Provinsi Kalteng di Palangka Raya.
    “Tujuan festival untuk mengembangkan seni dan budaya daerah Kalteng yang merujuk pada norma-norma agama dan nilai-nilai budaya pada setiap segi kehidupan. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alat pelestarian kebudayaan daerah,” harapnya.
    Panitia mengajak pelajar dan masyarakat untuk berperan secara aktif memperkenalkan hasil-hasil budaya dan memberikan wadah bagi generasi muda untuk dapat menampilkan kreativitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi. (raf/030315/beritasampit.com)