Sepakat Libatkan Karang Taruna Bangun Desa

    SAMPIT – Camat Pulau Hanaut, Syahrudin, sepakat dengan pendapat agar kepala desa menggandeng masyarakat, tidak terkecuali Karang Taruna untuk membantu pembangunan desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

    “Karang Taruna bisa mengawal penggunaan alokasi dana desa. Kalau ada yang kurang jelas, tanyakan ke kepala desanya. Komunikasinya harus jalan supaya tidak muncul kecurigaan-kecurigaan,” kata Syahrudin di depan peserta Rapat Koordinasi dan Orientasi Pengurus Karang Taruna kecamatan dan desa setempat, Senin.

    Tahun ini, seluruh desa di Pulau Hanaut yang berjumlah 14 desa, mendapat alokasi dana desa yang sangat besar. Tiap desa rata-rata mendapat kucuran sekitar Rp 850 juta, jauh meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp 100 juta.

    Melonjaknya kucuran dana ini disambut gembira karena diharapkan bisa mempercepat pembangunan di tiap desa. Namun di sisi lain muncul kekhawatiran terjadinya pelanggaran hukum jika salah dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban dana tersebut.

    Syahrudin menilai kehadiran Karang Taruna di tiap desa, bisa membantu kepala desa. Sumber daya manusia warga Karang Taruna bisa membantu dalam berbagai hal, mulai pelaksanaan, pembuatan laporan dan kepentingan lainnya yang diperbolehkan dalam aturan.

    Ketua Karang Taruna Kotim, Abdul Hafid, mengatakan, kader Karang Taruna di desa harus menjadi gerbong utama pendorong pembangunan di desa. Sesuai amanat Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, warga Karang Taruna diharapkan membantu mengawal penggunaan dana desa untuk pembangunan.

    “Kepala desa tidak perlu ragu meminta bantuan warga Karang Taruna, baik untuk kegiatan fisik maupun membuat laporan. Bisa pula kegiatan swadaya dikerjasamakan dengan Karang Taruna sehingga semuanya dirasakan oleh masyarakat kita sendiri,” ujar Hafid.

    Hafid menegaskan, Karang Taruna bukan musuh, melainkan dibentuk untuk membantu tugas kepala desa. Sebaliknya, warga Karang Taruna juga harus menunjukkan eksistensi dan dedikasi dalam membantu masyarakat dan pembangunan di desa masing-masing.

    Sementara itu, Kecamatan Pulau Hanaut berhasil membentuk pengurus Karang Taruna tingkat kecamatan. Posisi Ketua Karang Taruna dipercayakan kepada Mirwan Edi, yang dipilih secara aklamasi oleh peserta yang hadir. Untuk kepengurusan, segera disusun oleh tim formatur. (vis/250515/beritasampit.com)