Gebyar Pajak untuk Dongkrak PAD

    SAMPIT – Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur menggelar Gebyar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan retribusi daerah untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor ini. Hasil evaluasi, cara ini cukup efektif untuk menarik minat dan menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan retribusi daerah.

    Kepala Dinas Pendapatan Kotim, Arnila mengatakan, selain untuk mengoptimalkan PAD, kegiatan ini sekaligus sebagai media untuk mensosialisasikan pajak retribusi dan pemungutan pajak bumi dan bangunan dengan pola pembayaran laangsung ke Dinas Pendapatan Daerah.

    “Kegiatan gebyar pajak ini merupakan apresiasi bagi masyarakat terhadap pembayar pajak. Selain itu,dapat memberikan motivasi/semangat kepada para petugas pajak dan pihak terkait yang membantu dalam upaya pemungutan pajak daerah agar lebih giat dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Demikian juga bagi wajib pajak/masyarakat untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak daerah tepat waktu, tepat jumlah dan tepat aturan,” ujarnya, Kamis (4/6/2015).

    Disebutkan, bahwa realisasi penerimaan pajak retribusi dan PBB sejak tahun 2010 mengalamai peningkatan dan cukup baik, yakni 2010-2014 dari Rp 44 miliar, menjadi Rp 171 miliar, lebih. Untuk target PBB tahun 2015 dipastikan akan naik dari realisasi tahun sebelumnya yakni Rp 3,5 miliar menjadi Rp 4 miliar lebih.

    Sementara Bupati Kotim H Supian Hadi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan panutan dan motivasi dalam pembayaran PBB. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menggugah kesadaran para pejabat, staf dan pengusaha serta masyarakat umum selaku wajib pajak di Kabupaten Kotim untuk taat dan segera melaksanakan kewajiban perpajakannya.

    “Kami berharap semua pihak sadar akan kewajibannya membayar pajak, tidak terbatas pada pembayaran PBB saja, tetapi juga pajak-pajak lainnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat wajib pajak yang selama ini telah berpartisipasi dengan baik sehingga PAD kita terus mengalami peningkatan tiap tahun. Saya juga berharap agar pengelolaan pajak daerah, khususnya PBB ini bisa terus dioptimalkan” ucapnya.

    Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kotim, HM Taufik Mukri, Sekretaris Daerah Kotim Putu Sudarsana dan pejabat lainnya juga membayar PBB secara langsung. Dalam kegiatan ini juga disediakan hadiah doorprize berupa satu buah sepeda motor dan hadiah menarik lainnya. Masyarakat yang ingin membayar pajak bisa langsung datang ke Kantor Dinas Pendapatan Kotim di Jalan Achmad Yani Sampit dan bisa mendapatkan kupon berhadiah. (raf/040615/beritasampit.com)

    (Visited 4 times, 1 visits today)