Kendalikan Harga, Pasar Murah Daging Digelar Jelang Lebaran

    SAMPIT – Guna mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok yang saat ini kian meroket, selain menggelar pasar murah sembako, Pemerintah Kabupaten Kotim  juga akan menggelar pasar murah daging yang kini harganya juga sangat tinggi. Saat ini pemerintah daerah Kotim masih menunggu informasi dari Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Sampit, selaku instansi yang ditunjuk sebagai pelaksana.

    “Kita sudah melaksanakan pasar murah melalui bulog dengan menjual beras maupun minyak goreng murah, selain itu juga akan ada pasar murah daging sapi. Sasaran untuk masyarakat menjadi pasar penyeimbang, kalau di pasaran sampai Rp130.000 per kilogram,  mungkin nanti daging sapi yang dijual di bawah Rp100 ribu perkilo, kita masih ditunggu kedatangan sapi impor dari Australia dan kita juga menunggu laporan Bulog,” ungkap Wakil Bupati Kotim, HM Taufiq Mukri, Jumat (10/6).

    Sementara itu, berdasarkan informasi dari Perum Sub Divre Sampit telah mempersiapkan pasar murah daging tersebut, bahkan sudah melakukan pemesanan pada pemerintah pusat.

    “Kita sudah mengajukan permohonan, untuk sementara telah memesan untuk didatangkan sebanyak 1 ton daging,” ungkap Kasi Pelayanan Publik Perum Bulog Subdivre Sampit, Azwar Fuad. Sedangkan untuk pasar murah sendiri, selama tiga pekan belakangan ini, Bulog Sampit telah melaksanakannya, dengan titik sasaran masyarakat umum yang dipusatkan pada pasar-pasar di Kota Sampit.

    Kebutuhan pokok yang dijual bulog bukan hanya beras, namun juga minyak goreng, bawang merah serta gula dengan harga yang dijual di bawah harga yang dijual di pasaran.

    Untuk Beras jual dengan harga  Rp7.900, minyak goreng merk Fortune 1 Liter Rp13.000 dan 2 Liter Rp25.000, bawang merah Rp35.000 perkilo dan gula pasir Rp16.000 perkilonya.

    “Harga yang kami patok itu sesuai dengan penetapan harga dari pemerintah daerah, yang jelas di bawah harga pasar. Sejak kita membuka pasar murah ini, setiap hari masyarakat datang berbelanja, dan rencananya kita juga akan menggelar pasar murah bekerjasama dengan SMKN 1 Sampit,” tandas Fuad. (bro/beritasampit.com)