MERESAHKAN, Seekor Anak Buaya Ditangkap Nelayan

1587

KASONGAN – Kemunculan seekor anak buaya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan, pada Jumat (10/3) lalu, membuat heboh warga. Binatang dengan nama ilmiahcrocodylidae ini, akhirnya berhasil ditangkap seorang nelayan menggunakan peralatan seadanya. Masyarakat merasa resah dan khawatir beraktivitas di sungai, pasalnya pasti ada sang induk yang masih bebas berkeliaran.

Awalnya, Buaya jenis Kodok tersebut terlihat oleh Norhidayat, di dekat pelabuhan lama pemerintah daerah, Jalan Melati, Kecamatan Katingan Hilir atau di belakan rumah jabatan Sekda Katingan. Kala itu, Dayat sedang mencari ikan di sungai pada Jumat (10/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian dari kejauhan, dia melihat seekor binatang menyerupai kadal. “Badannya di dalam air dan kepalanya di darat,” terangnya, Minggu (12/6).

Baca Juga:   Bupati Katingan Ingatkan Kades, Perhatikan Tupoksinya

Lantaran penasaran, Dayat lalu mendekatinya. Pria ini kaget, ternyata itu adalah seekor anak buaya. Mengunakan seutas tali, dia lalu berusaha menangkap buaya yang panjangnya sekitar satu meter ini dan akhirnya berhasil. Untuk sementara, binatang melata ini ditaruh di bawah rumah dan dibuatkan kandang.

“Kalau ada anaknya, mungkin ada juga induk buaya. Memang pada tahun 2000 dulu, di sungai ini pernah ada buaya muncul dan ukurannya lebih besar,” tandas Dayat.(red/beritasampit.com)