Warga Kotim Diimbau Waspada Saat Mudik Lebaran

    SAMPIT-Warga Kabupaten Kotawaringin Timur diimbau untuk waspada dalam melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah. Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kotim Fadlian Noor, mengatakan mudik lebaran tahun ini terlihat lebih aman dan nyaman dibanding tahun sebelumnya, namun tetap saja warga dimintawaspada dalam perjalanan.

    “Imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah terhadap penyedia jasa angkutan, baik angkutan darat, laut dan udara, nampaknya cukup efektif. Ini dilihat dari arus mudik yang mulai ramai di Kotim. Kami terus melakukan pemantauan dimana arus mudik darat, laut, dan udara masih dalam keadaan normal,” ungkapnya, Minggu (5/7/2015) .

    Selain imbauan waspada, Fadlian juga meminta warga untuk tidak menggunakan berbagai jenis angkutan yang berstatus ilegal untuk mudik lebaran. Karena banyak kerugian didapat oleh calon penumpang.

    “Banyak kerugian yang akan dialami oleh penumpang, jika mereka menggunakan jasa angkutan ilegal seperti tidak menjamin keselamatan penumpang karena tak memiliki asuransi,” tandasnya.

    Saat musim mudik lebaran seperti sekarang ini, biasanya keberadaan angkutan darat yang ilegal semakin menjamur karena kebutuhan warga masyarakat daerah semakin meningkat terutama untuk mudik ke kampung halaman.

    “Akan ada banyak mobil yang menggunakan mobil dengan pelat hitam. Baiknya masyarakat bisa memperhatikan hal ini dan bisa mencari jasa angkutan yang resmi,” pintanya.

    Selebihnya masyarakat juga diminta untuk tidak berlebihan membawa barang dikendaraan khusunya bagi pengguna roda dua, karena bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

    “Waspada dalam segala hal. Saat musim lebaran lalulintas darat umumnya sangat padat. Artinya kita semua dituntut untuk hati hati dalam berkendara sehingga kita bisa selamat sampai tujuan” pungkansya. (raf/050715/beritasampit.com)

    (Visited 3 times, 1 visits today)