Delapan Desa di Seruyan Akan Dialiri Listrik

    SERUYAN – Delapan desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan segera dialiri listrik.

    “Sedikitnya ada delapan desa yang belum ada listrik pada tahun ini juga akan segera dialiri listrik,” kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Senin (6/7/2015).

    Ia menjelaskan, delapan desa itu terdiri dari Desa Sandul Kecamatan Batu Ampar, menuju Desa Derawa, terus ke Desa Suka Jaya, Desa Batu Agung, Desa Suka Makmur, Desa Suka Maju, Desa Suka Rejo hingga Desa Bumi Jaya.
    “Saat ini proses pembangunan jaringan sedang dilakukan oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN),” katanya.

    Ia mengatakan, saat ini sekitar 30 persen wilayah Seruyan masih belum teraliri listrik karena memang tidak dapat dijangkau oleh jaringan PLN.
    Oleh karena itu Pemkab Seruyan sedang berupaya mengkomunikasikannya dengan pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terutama untuk menjelaskan tentang potensi sungai di Seruyan yang dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

    “Jadi ini salah satu solusi, bagi daerah yang tidak dapat dijangkau jaringan PLN, maka dapat dibangun PLTMH dengan memanfaatkan sungai yang ada,” katanya.
    Selain itu, Pemkab juga sedang melakukan survey untuk mengiventarisir sungai di Seruyan yang dapat dijadikan PLTMH, dan diusulkan untuk dibangun pada 2016 mendatang Selain mengajukan usul pembangunan PLTMH, Pemkab Seruyan juga mengusulkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar Cell) bagi daerah yang tak tersentuh jaringan listrik PLN.

    “Ini juga sedang kita ajukan, yakni pembangunan PLTS dengan kapasitas satu megawatt, dan salah satunya tahun ini diupayakan akan dibangun di Desa Tanjung Hanau Kecamatan Hanau,” katanya.

    Ia mengharapkan, dengan banyaknya proyek pembangunan pembangkit listrik di Seruyan maka dalam beberapa tahun ke depan tidak ada lagi daerah yang tidak teraliri listrik.
    “Dengan adanya kerjasama antara Pemkab dan Kementerian ESDM, kita berharap seluruh wilayah di Seruyan dapat dialiri oleh listrik,” katanya. (ant/060715/beritasampit.com)