Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Calon Tuntas Satu Hari

    SAMPIT – Pemeriksaan kesehatan tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, oleh tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia, dituntaskan dalam satu hari.

    “Pemeriksaan selesai sehari. Besok kami rapat dan kemudian hasilnya akan kami serahkan kepada KPU karena pemeriksaan ini atas permintaan mereka. Kami hanya menyampaikan hasil pemeriksaan sesuai apa adanya, bukan kewenangan kami menyimpulkan soal lolos atau tidak,” tegas koordinator tim dokter, dr Choirul Waro SP. KJ di Sampit, Kamis (30/7/2015).

    Tiga pasangan calon yang menjalani pemeriksaan yaitu Djunaidy Drakel-Hariyanto, pasangan petahana H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri serta Muhammad Arsyad-Nadiansyah yang merupakan satu-satunya pasangan dari jalur perseorangan atau independen.

    Sesuai jadwal, ketiga pasangan calon sudah tiba di RSUD dr Murjani Sampit sejak pagi karena pemeriksaan dimulai pukul 07:00 WIB. Mereka mengenakan pakaian khusus pasien yang sudah disiapkan pihak RSUD dr Murjani Sampit. Sebelum pemeriksaan, mereka menjalani puasa agar pemeriksaan darah dan lainnya mendapatkan hasil akurat.

    Belasan item pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh 17 dokter yang ditugaskan, di antaranya kejiwaan, mata, bedah, interna, treadmill dan lainnya. Dalam pemeriksaan kesehatan ini, Komisi Pemilihan Umum mengalokasikan anggaran sekitar Rp40 juta untuk setiap pasangan calon.

    Sebenarnya ada empat pasang calon yang mendaftar, namun kemudian ada satu pasang calon yang berkas pendaftarannya dikembalikan oleh KPU karena tidak memenuhi persyaratan, yakni Muhammad Rudini-H Supriadi. Saat ini pasangan yang diusung Partai Golkar dan PAN itu melakukan langkah-langkah memrotes keputusan KPU.

    “Sesuai surat KPU kepada kami, hanya ada tiga pasangan calon yang diperiksa kesehatannya. Kalau ternyata nanti ada tambahan atau seperti apa, tentu nanti harus dijadwalkan lagi,” kata Choirul yang juga Ketua IDI Kotim.

    Sementara itu, pasangan calon terlihat menjalani pemeriksaan kesehatan dengan lancar. Bahkan sebelum pemeriksaan, mereka dengan kompak dan semangat berfoto bersama mengenakan pakaian pasien.

    “Saya sudah siap menjalani pemeriksaan. Ternyata ada acara foto bersama segala juga,” kata Djunaidy Drakel seraya tersenyum.
    Lain lagi dengan Supian Hadi. Petahana Bupati Kotim ini mengaku bersemangat mengikuti pemeriksaan tersebut.

    “Yang cukup capek itu di sesi treadmell. Pelaksanaannya cuma setengah jam, tapi capeknya cukup terasa. Untungnya saya memang senang berolahraga jadi bisa melewati ini dengan baik,” kata Supian.(ant/300715/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)