Khairul Saleh Tetap Lestarikan Adat Kesultanan Banjar

    MARTAPURA – Sultan Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh menegaskan, dirinya tetap melestarikan adat Kesultanan Banjar meski pun tidak lagi menjabat bupati di Kabupaten Banjar.
    “Kami masih menjadi pemangku adat di Kesultanan Banjar sehingga setiap adat istiadat kesultanan akan tetap kami lestarikan,” ujarnya di Martapura, Kamis (6/8/2015).
    Pernyataan itu disampaikan usai peringatan hari jadi Kabupaten Banjar ke-65 yang disemarakkan beberapa kesenian Banjar seperti musik panting dan Sinoman Hadrah.
    Ia mengatakan, kegiatan terkait Kesultanan Banjar yang dilaksanakan dalam waktu dekat adalah milad atau peringatan lahirnya Kesultanan Banjar pada Oktober 2015.
    “Kami akan mempersiapkan milad ke-211 sebaik-baiknya sehingga bisa mengingatkan masyarakat sekaligus melestarikan adat Kesultanan Banjar,” ucap bupati dua periode itu.
    Dikatakan Khairul yang mengakhiri jabatan bupati pada 9 Agustus 2015, dirinya juga akan istirahat dari dunia politik setelah gagal mendapatkan dukungan parpol maju pilkada.
    “Kami akan istirahat dari dunia politik dan rencanakan akan kembali menyandang status PNS. Namun akan pindah tugas ke Jakarta sambil santai menimang cucu,” ungkapnya.
    Ditekankan, pihaknya sempat mendapat tawaran menjadi Sekretaris Daerah Provinsi dari salah satu bakal calon gubernur yang bersaing dalam pilkada provinsi setempat.
    “Tawaran itu kami tolak karena lebih memilih status sebagai PNS. Jadi jika ada yang menyebutkan kami akan menjadi Sekdaprov, maka itu hanya isu,” ucapnya sambil tersenyum.
    Ditambahkan, meski pun pindah tugas dan menjalani karier sebagai PNS di Jakarta, tetapi dirinya selalu siap membangun banua Kalsel khususnya Kabupaten Banjar.

    “Kami tidak akan melupakan Kalsel, khususnya Kabupaten Banjar karena apa pun yang masih bisa diberikan seperti pemikiran demi pembangunan, akan kami berikan,” katanya.
    Saat menjabat Bupati Banjar periode 2005-2010, Khairul Saleh berpasangan dengan Khatim Salman dan periode kedua 2010-2015 dengan Fauzan Saleh.(ant/060815/beritasampit.com)