Kapolda Pantau Kesiapan Pengamanan Pilkada Kotim

    SAMPIT – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Brigjen Pol Fakhrizal melakukan kunjungan perdana ke Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, sekaligus memantau kesiapan pengamanan pemilu kepala daerah setempat.

    “Selain kunjungan kerja, kedatangan saya ini juga untuk memantau kesiapan pengamanan di sini. Kotim kan salah satu daerah yang turut melaksanakan pilkada serentak 9 Desember nanti,” kata Fakhrizal di Sampit, Rabu (16/9/2015).
    Tahun ini masyarakat Kotim akan mengikuti dua agenda pilkada yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotim. Sejak 27 Agustus lalu, tahapan pilkada sudah memasuki masa kampanye hingga 5 Desember mendatang.
    Pilkada Kotim diikuti empat pasang calon yakni Djunaedy Drakel-Heriyanto (Djuara), petahana H Supian Hadi-HM Taufiq Mukri (Sahati), calon perseorangan Muhammad Arsyad-H Nadiansyah (Madani) dan Muhammad Rudin-H Supriadi (Zamrud). Suhu politik di Kotim yang mulai meningkat membuat daerah ini menjadi perhatian serius, termasuk dalam hal pengamanan.
    “Kotim termasuk yang kita prioritaskan. Untuk membantu pengamanan jika dibutuhkan, satu kompi dari Brimob siap digeser. Personel Polda juga siap diperbantukan,” jelas Fakhrizal.
    Dia berharap pelaksanaan pilkada di Kotim dan Kalteng secara umum, berjalan dengan aman dan lancar. Masyarakat diminta bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kondisi daerah selalu kondusif.
    Kapolres Kotim, AKBP Hendra Wirawan mengatakan, saat ini pihaknya menurunkan dua per tiga kekuatan. Penambahan personel akan dilakukan jika situasi di lapangan memang mengharuskan adanya bantuan pasukan.
    “Dua per tiga kekuatan itu sekitar 360 orang. Kalau kita membutuhkan bantuan pasukan maka Brimob dan Ditpolair siap mengerahkan personel mereka untuk membantu,” jelas Hendra. (ant/160915/beritasampit.com)